DPRD Tunggu Revisi Draft RPJMD Kota Tangerang

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang hingga saat ini belum memberikan draft revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang 2014-2018 ke DPRD Kota Tangerang. Alhasil, pembahasan soal RPJMD pun terhambat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Tangerang, Suparmi.

“Rencana revisi RPJMD dikatakan Walikota Tangerang saat rapat paripurna,” katanya.

Ditambahkannya, meski belum menerima draft revisi tersebut, diakuinya memang ada sejumlah pengurangan program yang akan diajukan Walikota Tangerang.

“Selain pengurangan program, revisi ini juga terkait adanya program pusat yang ada di Kota Tangerang. Seperti pembangunan rel kereta api Bandara Soetta. Untuk lengkapnya draft revisi itu silahkan tanya ke Bapeda Kota Tangerang. Karena kita belum terima juga draft itu,” paparnya.

Sebelumnya, Yenny Sucipto, Sekjen Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) , adanya perubahan RPJMD yang dilakukan menjelang berakhirnya masa jabatan kepala daerah mengundang kecurigaan politik. Perubahan RPJMD di beberapa daerah lain juga ada yang melakukannya menjelang Pilkada.

“Motifnya aspek politis, biasanya pencitraan,” ujarnya saat saat menjadi narasumber di Acara Diskusi Publik dengan tema Membedah RPJMD Kota Tangerang yang digelar Fraksi PDIP DPRD Kota Tangerang di Ruang Rapat Banang DPRD Kota Tangerang.

Dijelaskannya, salah satu persyaratan penyusunan RPJMD adalah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Bagaimana bisa menyusun RPJMD padahal salah satu persyaratan penyusunan RPJMD adalah RTRW. Nah kalau berbarengan kan konyol. DPRD seharusnya dapat menolak Raperda RPJMD tersebut, selesaikan dulu RTRW-nya baru kemudian bahas RPJMD,” ujar Yenny. (ydh)

Komentar Anda

comments