Pemkot Tangerang Terus Kampanyekan Budaya Membaca

oleh -
Wakil Walikota, Sachrudin memberikan penghargaan kepada juara dalam lomba kearsipan Kota Tangerang.
Wakil Walikota, Sachrudin memberikan penghargaan kepada juara dalam lomba kearsipan Kota Tangerang.

Palapanrews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengkampanyekan budaya membaca kepada seluruh warga masyarakatnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjadikan masyarakat Kota Tangerang semakin maju, lebih kreatif dan punya wawasan dan pengetahuan luas.

“Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, wawasan akan bertambah. Bahkan, membaca buku atau membaca apa saja, ternyata tidak hanya bisa menambah wawasan, tetapi juga mampu mendorong kreativitas. Sebab, membaca akan melatih anak untuk berimajinasi dan berpikir kreatif,” ungkap Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, saat membuka pameran perpustakaan dan kearsipan, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Rabu (19/4).

Wakil juga meminta agar warga Kota Tangerang tidak meremehkan manfaat membaca. Sebab, baginya dengan membaca, sebuah bangsa bisa maju dan sejahtera.

“Lewat membaca kita akan terbiasa mengimajinasikan dan memprediksi apa yang kita baca. Ini yang penting. Sebab, kita harus membangun sumber daya manusia yang bisa survive dalam persaingan global,” tegasnya.

Kreativitas yang bersumber dari membaca tersebut, sambung Wakil Walikota, akan sangat penting bagi tumbuh kembang anak hingga mereka dewasa. Bahkan, ketika kelak mereka menjadi pemimpin, mereka akan terbiasa berpikir kreatif untuk memajukan kota/daerah yang dipimpinnya.

“Masyarakat harus dapat menggunakan waktunya dengan hal-hal positif. Diantaranya dengan membaca buku,” jelasnya.

Sementara soal arsip, Wakil menyampaikan bahwa arsip adalah komponen yang juga sangat penting karena terkait data serta dokumen.

“Perpustakaan dan pengarsipan harus sama-sama diperhatikan dan ditingkatkan fungsi dan kegunaannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Ghazali Barmawi mengatakan, kegiatan pameran ini diikuti oleh dua daerah, yakni Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Banten, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Serang.

“Adanya pameran Arsip seperti ini, kita akan lebih memahami dan mengerti soal sejarah yang ada di wilayah masing-masing, khususnya Kota Tangerang,” pungkasnya.

Ghazali menambahkan, pameran arsip ini juga disertai dengan lomba mewarnai bagi Taman Kanak-Kanak maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lomba bercerita tingkat SD sampai SMA serta workshop tentang arsip.

Dalam kesempatan ini, Sachrudin juga turut memberikan selamat dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba pengelolaan arsip terbaik tingkat SKPD Kota Tangerang, yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang menjadi Juara I, kemudian juga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang meraih Juara II, dan juga Juara 3, yang diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu. Yang kemudian dilanjutkan kepada pemenang lomba bercerita Tingkat SD Se Kota Tangerang, yaitu Juara I SDN Pinang 6, Juara II SDN Kebon besar I dan Juara III, SDN sukasari 4. (ydh)

Komentar Anda

comments