Naik Motor Sendiri, Sachrudin Pantau Kebersihan

oleh -

Palapanews.com- Pantau kinerja petugas yang sedang melakukan penataan kali, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin melakukan sidak menyusuri Kali Sipon dengan menggunakan sepeda motornya sendiri.

“Nyetir sendiri pak,” tanya warga yang menyalaminya saat turun dari motornya. “Iya nih, olahraga pagi sambil tinjau kali,”jawabnya sambil berjalan kaki menuju para petugas.

Terlihat petugas dari Badan Lingkungan Hidup, tengah menebang pohon-pohon yang sudah mulai terlihat lebat dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sedang melakukan pengerukan kali.

Seperti diketahui, melalui Tangerang Berbenah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya berbenah diri untuk mewujudkan kota yang semakin layak huni.

Diantaranya melakukan normalisasi dan penataan di sekitar Kali Sipon sehingga dapat menjadi sarana yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Wakil Walikota berharap agar penataan di sekitar Kali Sipon dapat didukung, dengan selalu menjaga kebersihan kali. Salah satunya dengan rutin melakukan kerja bakti agar kali terbebas dari sampah.

Dirinya meminta ketua Rukun Warga (RW) 02, Poris Plawad Utara yang juga hadir agar terus mengingatkan warganya untuk turut menjaga keberadaan kali agar senantiasa berfungsi dengan baik. Selain itu, agar memindahkan barang material yang berada di sepanjang Kali Sipon.

“Kasitau warganya yang taro barang materialnya di pinggir kali agar diambil. Kalau ngak mau beresin, biar kita yang bersihin aja,” tegasnya, saat menyusuri Kali Sipon , Jum’at pagi (07/04).

Bahkan, saat ada pompa jet pump aktif berada dipinggir kali, Sachrudin meminta agar dicabut. Pintanya itu pun langsung dilaksanakan warga sekitar yang diperintahkan ketua RW setempat untuk mencabutnya dengan mematahkan pipa-pipanya.

“Kali Sipon inikan sedang ditata, kalau kalinya bersih dan hijau, enak dilihatnya dan masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya. Apalagi Kali Sipon ini selain dinormalisasi agar alirannya senantiasa lancar dan dilakukan penataan agar semakin hijau dan nyaman bagi masyarakat sekitar karena normalisasi ini salah satu upaya Pemkot Tangerang cegah banjir,” katanya.

Oleh karenanya, pemeliharaan secara rutin terus dilakukan, seperti pemeliharaan drainase, bantaran kali serta tanggul. Seperti halnya pengerukan Kali Sipon yang dilakukan hari ini oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

“Dinormalisasi dan dilakukan penataan kalinya kan buat masyarakat juga, kalau kalinya bersih, arus airnya akan lancar. Mau hujan deras juga, Insya Allah nggak akan luber ke jalan airnya. Sebagai masyarakat Kota Tangerang kita semua harus peduli pada lingkungan, kalau bukan kita siapa lagi,” jelasnya. (Ydh)

Komentar Anda

comments