2 Daerah di Banten Raih Anugerah Literasi Kemendikbud

oleh -
Bupati Serang mendapatkan Anugerah Literasi kategori Baik.
Bupati Serang mendapatkan Anugerah Literasi kategori Baik.

Palapanews.com- Dua daerah di Banten, yakni Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang mendapat anugreah Literasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain dua daerah itu, ada 17 kota/kabupaten mitra USAID PRIORITAS lain di Indonesia yang meraih penghargaan serupa.

Penyerahan anugerah literasi dilaksanakan pada hari ini (20/3) oleh Kemendikbud kepada 19 Kabupaten/Kota yang terpilih dalam dua kategori “Sangat Baik” dan kategori “Baik”.

Penerima anugerah literasi untuk Provinsi Banten adalah Kabupaten Serang yang diterima secara langsung oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Sedangkan untuk Kabupaten Tangerang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Hadisa Mansur. Kedua kabupaten tersebut mendapatkan kategori “Baik”.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad Ph.D mengapresiasi program USAID PRIORITAS yang telah melaksanakan pendampingan literasi kepada seluruh mitranya. Lebih lanjut, ia berharap agar penganugerahan literasi kali ini dapat menjadi motivasi bagi pemda untuk mempertahankan komitmen dan mengembangkan program literasi yang kreatif.

“Diharapkan pula anugerah literasi ini dapat menularkan kepada kabupaten/kota yang lain agar mengimplementasikan program literasi,” katanya menambahkan.

Direktur USAID PRIORITAS, Stuart Weston juga mengakui program budaya baca adalah salah satu upaya yang dilaksanakan untuk peningkatan mutu pendidikan dasar. Selain pemberian hibah buku bacaan berjenjang yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa, sekolah dan madrasah mitra USAID PRIORITAS telah menunjukkan berbagai inovasi di tingkat sekolah untuk melaksanakan gerakan literasi.

“Peserta yang hadir dalam anugerah literasi di Kemendikbud ini mewakili daerah dan sekolah mitra USAID PRIORITAS yang menunjukkan semangat dan kreativitas tertinggi dalam melaksanakan program budaya baca. Kami berharap program membaca menjadi komitmen untuk dikembangkan selanjutnya ke depan demi kemajuan anak-anak Indonesia,” kata Stuart Weston.

Bersama USAID PRIORITAS, pendampingan literasi telah berhasil dilaksanakan di 93 kabupaten/kota yang bermitra sejak 2012. Bentuk keberhasilan ini terwujud berupa dukungan  pengalokasian dana APBD, penerbitan peraturan Bupati/Walikota dan berlakunya surat edaran Kepala Dinas Pendidikan. (rls)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.