Tim Saber Amankan Pelaku Pungli Parkir

oleh -
oknum pungli di kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang.

 

Wakapolres Metro Tangerang, Erwin Kurniawan menggelar rilis atas kesuksesan timnya dalam menangkap oknum pungli di kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang.

 

Palapanews.com – Jajaran Polrestro Tangerang mengamankan seorang juru parkir yang penghasilannya tinggi. Pasalnya, dalam sehari tukang parkir tersebut dapat penghasilan Rp. 1 juta per harinya.

Diketahui pelaku merupakan seorang pria berinisial EK (26). Ia kerap beroprasi di depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Juru parkir liar tersebut ditangkap di area Puspem Kota Tangerang pada Selasa (13/2) malam. Pelaku berasal dari luar Kota Tangerang dan bermukim di Kota Tangerang.

Wakapolrestro Tangerang, AKBP Erwin Kurniawan menjelaskan, berawal ketika seorang pemilik mobil memarkirkan kendaraannya di Jalan Satria Sudirman, depan Puspem Kota Tangerang, sekitar pukul 21.30 WIB. Kemudian tersangka menagih uang parkir sebesar Rp. 15.000 sambil memberi karcis parkir senilai Rp. 5000.

Korban pun hanya memberi uang sesuai tarif karcis. Namun pelaku menolak, dan mengancam akan memukul korban jika tidak membayar.

“Kalau nggak mau bayar gua panggil temen-temen gue,” ujar EK dengan suara meninggi saat mengancam korban.

Karena takut, korban akhirnya membayar Rp. 15.000 seperti yang diminta pelaku. Atas pemerasan tersebut, korban pun melaporkan kejadian ini ke saber pungli.

“Pelaku melakukan pungli dengan menggunakan karcis parkir palsu dengan tarif Rp. 5000. Namun, dia (EK) sering meminta uang parkir seberar Rp. 15.000 – Rp. 100.000 kepada para pengunjung,” ucap Erwin di Mapolrestro Tangerang pada Selasa (14/2).

“Kalau tidak dikasih dia memaksa dan mengancam. Dalam sehari, omzetnya sebesar Rp. 1 juta,” tambah Erwin seraya menerangkan, tersangka membuat sendiri karcis tersebut. Ia beroperasi bersama kelompoknya di sejumlah tempat parkir di Kota Tangerang.

“Ada beberapa rekannya yang masih DPO (daftar pencarian orang), kami masih cari,” katanya.

Dari tangan tersangka diamankan 3 lembar karcis parkir roda dua warna hijau, uang tunai Rp. 526.000. Pelaku diancam pasal 368 KUHP tentang pungli.
“Ancaman maksimal 9 tahun penjara,” pungkasnya. (Pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.