Sekolah Adiwiyata Cermin Kota Layak Huni

oleh -
Ilustrasi
Kepala SD Negeri Cipondoh 3, Chustinahwati didampingi stafnya sedang berbincang dengan awak media.

Palapanews.com – Sejumlah sekolah di Kota Tangerang mulai menerapkan program Adiwiyata, salah satunya diwilayah Kecamatan Cipondoh. Dari 31 sekolah dasar negeri yang ada, pada tahun 2017 dipastikan sudah menjalankan program Adiwiyata secara menyeluruh.

Program Adiwiyata sendiri bertujuan mengubah perilaku sumber daya manusia yang ada di sekolah untuk lebih mencintai lingkungan. Hal tersebut sejalan dengan program LIVE Kota Tangerang, salah satunya sebagai Kota Layak Huni.

Kepala SD Negeri Cipondoh 3, Chustinahwati yang sudah satu tahun terakhir terus mengajak siswa dan juga guru ditempatnya memimpin untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Pemahaman wawasan lingkungan tidak cukup dilakukan sekali atau dua kali saja, tetapi harus dilakukan setiap hari dan setiap saat. Tujuannya agar apa yang kita ajarkan bisa terpatri dalam hati dan pikiran mereka,” ujarnya kepada Palapanews.com, Kamis ( 9/2).

Chustinahwati menjelaskan, program sekolah Adiwiyata merupakan sebagian kecil cerminan dari kota yang layak huni. Pasalnya lingkungan sekolah dibuat senyaman mungkin dengan ditanami berbagai jenis tumbuhan.

“Kota layak huni adalah tempat yang nyaman dan sejuk agar penghuni nya merasa nyaman tinggal didalamnya, begitu juga di sekolah,” paparnya.

Wanita yang pernah meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional bersama SD Negeri Gondrong 4 itu menambahkan, dari semua yang dilakukan tentu tak dapat dilakukannya sendirian. Tetap harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat sekitar.

“Semua pihak harus diberikan penjelasan, bahwa program Adiwiyata bukanlah sebuah kompetisi dan juga kejuaraan. Namun upaya kita melakukan pembiasaan kepada siswa agar hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah,” tambahnya.

Namun, dirinya berharap agar seluruh kepala sekolah yang ada di Kota Tangerang juga mampu memulai untuk mendukung pemerintah daerah agar menerapkan sekolah Adiwiyata.

“Saya berharap semua sekolah bisa menerapkan program sekolah Adiwiyata, untuk mewujudkan kota yang layak huni,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.