Dinas Pendidikan Bentuk Tim Pembuat Soal UAS

oleh -
Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin.

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin.

Palapanews.com – Dinas Pendidikan Kota Tangerang tengah membentuk tim pembuat naskah Ujian Akhir Sekolah (UAS) Berbasis Nasional (BN) untuk siswa SMP Negeri dan Swasta di Kota Tangerang, Senin (6/2) yang berlokasi di Wisma PGRI Kota Tangerang.

 

Kepala Bidang Pendidikan SMP, Jamaluddin mengatakan, tim pembuat naskah tersebut berisikan dari Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang berjumlah 50 orang dari 10 mata pelajaran berbeda.

 

“Jadi kami mengumpulkan guru-guru mata pelajaran terbaik se-Kota Tangerang untuk membuat soal UAS BN. Itu berdasarkan peraturan dari Menteri Pendidikan Indonesia,” jelasnya.

 

Jamaluddin menjelaskan, nantinya para guru yang masuk dalam tim pembuat soal UAS BN akan diberikan waktu selama satu bulan untuk membuat soal tiga mata pelajaran yang akan diujikan.

 

“Jadi soal UAS BN itu hanya mengujikan mata pelajaran yang tak diujikan di Ujian Nasional. Yaitu pelajaran IPS, PKN dan Agama,” jelasnya.

 

Untuk presentase jumlah soal yang diberatkan untuk tim pembuat naskah sebanyak 75%. Artinya tim tersebut harus membuat pertanyaan dari 50 soal yang di ujikan.

 

“Untuk yang 25% itu langsung dari Kementerian Pendidikan langsung,” paparnya.

 

Pria yang juga Ketua PGRI Kota Tangerang itu juga meminta kepada tim pembuat naskah soal UAS BN untuk SMP dapat menjaga integritasnya.

 

“Kita minta kerahasiaan soal yang dibuat nanti agar tidak bocor, agar tidak menimbulkan keresahan untuk warga,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, peserta UAS BN di Kota Tangerang pada tahun 2017 berjumlah 28.451 siswa. Pelaksanaan UAS BN sendiri akan dilaksanakan pada bulan April 2017 nanti. (Pp)

Komentar Anda

comments