Ada Toilet Sekolah Jorok dan Tak Layak, Dindik Kota Tangerang Gelar Lomba Kebersihan Toilet

oleh -
Siswa Sekolah Dasar Negeri Sudimara 3 memperoleh sosialisasi tentang kebersihan toilet sekolah.
Siswa Sekolah Dasar Negeri Sudimara 3 memperoleh sosialisasi tentang kebersihan toilet sekolah.

Palapanews.com – Ciledug -Tingkatkat kesadaran terhadap siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan pentingnya menjaga kebersihan toilet, Pemerintah Kota            (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang menggelar lomba kebersihan toilet sekolah untuk tingkat SD dan SMP.

 

Menurut Abduh Surahman, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kesadaran untuk siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah.

 

“Jadi setelah beberapa kali saya melakukan kunjungan ke beberapa sekolah ada yang kondisi toiletnya sangat memprihatinkan, bahkan sangat tak layak, karena perilaku penggunanya kurang bersih,” jelasnya kepada awak media.

 

Abduh melanjutkan, nanti pada saat peringatan HUT Kota Tangerang akan diumumkan sekolah mana saja yang toiletnya paling bersih hingga terjorok.

 

“Untuk yang paling bersih tentunya kami akan berikan apresiasi, kebetulan ada salah satu perusahaan yang siap membantu menyiapkan hadiahnya. Namun, yang paling jorok pun akan kami umumkan, biar menjadi bahan pelajaran untuk semuanya,” ungkapnya.

 

Dengan adanya informasi tersebut, sejumlah sekolah di Kota Tangerang mulai sibuk berbenah hingga memberikan sosialisasi kepada para guru dan juga siswanya.

 

Seperti yang dilakukan oleh Hasidin Rukmana, Kepala SD Negeri Sudimara 3, Kecamatan Ciledug, saat ini sedang sibuk melakukan sosialisasi kepada seluruh civitas akademik dilingkungannya.

 

“Pada dasarnya penerapan sekolah sehat hingga toilet bersih sudah kami lakukan setiap hari. Bahkan, ketika upacara bendera pun saya selalu mengingatkan kepada siswa untuk tidak membuang sampah secara sembarangan dan menjaga kebersihan toilet,” ucapnya pada, Senin (6/2).

 

Namun, dengan adanya program tersebut membuat para siswa dilingkungan sekolah semakin semangat untuk menjaga kebersihan. “Kita tidak berharap mendapatkan juara dalam perlombaan ini, tetapi dengan kegiatan ini menjadi motivasi untuk kita semua, khususnya para kepala sekolah,” paparnya.

 

Begitu juga Sri Juminah, Kepala SD Negeri Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug, sejak seminggu lalu dirinya mengajak kepada siswa agar sama-sama menjaga kebersihan toilet.

 

“Yang paling penting ini menjadi pelajaran untuk kita semua, bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab kita semua,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.