DPRD Banten Pantau Program Sertifikasi Tanah di Tangsel

oleh -
Anggota DPRD Banten saat kunjungan ke Kantor ATR/BPN Tangsel. (nad)
Anggota DPRD Banten saat kunjungan ke Kantor ATR/BPN Tangsel. (nad)

Palapanews.com- Komisi I DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Tangsel untuk melihat sejauh mana BPN dalam melakukan proses sertifikasi tanah warga Kota Tangsel, Selasa (31/1/2017) silam.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Banten, Zaid El Habib, beserta beberapa anggotanya dan disambut langsung oleh Kepala BPN Kota Tangsel, Asnawati.

Komisi I DPRD Banten, menurut Zaid tengah intens melakukan kunjungan kepada beberapa Kantor BPN se-Banten, untuk melihat sejauh mana proses sertifikasi tanah tersebut, yang merupakan program pemerintah pusat.

“Khususnya di Kota Tangsel masih banyak masyarakat yang kurang tahu kalau ada program sertifikasi tanah tersebut, sehingga masih banyak masyarakat yang belum mensertifikasi tanahnya. Makanya kita lakukan kunjungan ke BPN untuk mencari tahu sudah sejauh mana prosesnya, termasuk di Kota Tangsel,” ungkapnya.

Hal ini menurutnya sangat penting untuk diketahui, agar DPRD tahu sudah berapa persen masyarakat yang ikut program sertifikasi tersebut, dan di wilayah mana saja yang sudah dilakukan.

“Rupanya masih fokus di Kecamatan Ciputat, serta beberapa kecamatan lainnya yang masih dalam proses. Sehingga menurut kami ini harus dikejar lebih cepat lagi,” tandas Zaid.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini memang ada beberapa hal yang akan dilakukan yang harus dilakukan oleh BPN, terutama dalam hal sosialisasi soal program sertifikasi tersebut. Karena jika sosialisasi dilakukan dengan sangat baik maka program ini akan berjalan dengan mudah.

Terlebih lagi bagi masyarakat yang berada di luar perumahan atau cluster, karena masih banyak warga di luar cluster dan perumahan yang menurut Zaid masih memiliki surat lama, bahkan hanya girik dan AJB saja.

“Makanya kami dorong agar BPN jemput bola ke masyarakat langsung, agar semua masyarakat tanahnya sudah tersertifikasi sesuai dengan harapan pemerintah pusat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BPN Kota Tangsel, Asnawati mengatakan bahwa untuk sertifikasi semuanya masih dalam tahap proses yang terus dilakukan oleh pihak BPN Kota Tangsel. Prosesnya saat ini sudah mencapai 67 persen.

“Semuanya masih berporses, kita terus melakukan program ini agar semua masyarakat yang memiliki tanah di sini, bisa tersertifikasi dengan baik, dan selama ini juga tidak ada kendala,” imbuh Asna. (nad)

Komentar Anda

comments