Kuota Haji, Depok Tunggu Kabar Gubernur

oleh -
Kepala Kementerian Agama Kota Depok, Cholik Mawardi.
Kepala Kementerian Agama Kota Depok, Cholik Mawardi.

Palapanews.com- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Jawa Barat, berharap ada penambahan kuota haji untuk tahun 2017 ini. Hanya saja, saat ini belum ada kabar apakah kuota haji untuk Jawa Barat ditambah atau tidak.

“Kita masih menunggu keputusan resmi dari Gubernur Jawa Barat (Ahmad Heryawan. Sampai hari ini beritanya belum ada, tapi ada kemungkinan kuota bagi kita bertambah,” ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Cholik Mawardi.

Ia mengaku, pembagian kuota di kabupaten/kota merupakan kewenangan gubenur. Dikatakannya, dalam mekanismenya masing-masing pihak provinsi di Indonesia akan medapatkan jumlah kuota sesuai dengan keputusan dari Kementerian Agama untuk kemudian gubernur menindaklanjuti pembagian dari kementerian tersebut ke masing-masing kabupaten/kota.

“Mekanismenya seperti itu, mudah-mudahan secepatnya kabar bisa kami terima,” ucapnya.

Kuota jemaah haji di Depok saat ini sebanyak 1.293 orang, dengan adanya penambahan kuota diharapkan jumlah kuota bisa kembali ke jumlah sebelumnya pada 2013 lalu, yaitu sebanyak 1.500 orang. Dengan penambahan ini, diharapkan bisa memotong antrean jemaah yang ada di Depok.

“Pendaftar kita sudah 23 ribu jamaah untuk 2017. Dengan adanya penambahan kuota, maka akan bisa memotong antrean sebanyak 200 jamaah,” tambahnya.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menambah kuota jemaah haji, dan Indonesia mendapatkan penambahan kuota sebanyak 221 ribu jemaah. Angka tersebut merupakan pengembalian ke kuota asal yang semula dipotong 20 persen dan penambahan sebanyak 10 ribu lagi. (red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.