Warga Depok Olah Belimbing Dewi Jadi Kosmetik

Olahan kosmetik dari bahan dasar belimbing dewi.

Palapanews.com- Tak hanya memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak vitamin, belimbing dewi khas Kota Depok, Jawa Barat, juga memiliki potensi lain. Salah satunya, dijadikan dasar kosmetik.

Seperti yang dilakukan Wahyudi Setiawan, yang memiliki workshop pengolahan kosmetik di Jalan Tongkol Raya, Sukatani, Kecamatan Tapos. Dalam pengolahan belimbing, Wahyudi tidak sendiri. Ia juga melibatkan warga untuk aktif berperan serta sehingga menjadi manusia yang produktif.

Untuk khasiat produk, ia juga tidak main-main. Karena itu, ia menggandeng akademisi untuk mengecek keamanan dan kelayakan produk dari sisi kesehatan.

“Kita sudah melaksanakan MoU dengan Universitas Indonesia, khususnya Fakultas Farmasi beserta Lab Fitokimianya, serta Departemen Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB),” jelas Wahyudi.

Sedangkan untuk bahan baku, ia juga bekerjasama dengan petani belimbing yang tergabung dalam Kontak Tani  Nelayan Andalan (KTNA). Dengan begitu, petani yang tergabung di KTNA akan lebih mudah memasarkan hasil panennya.

“Pengolahan ini juga melibatkan unsur pemerintah dan organisasi-organisasi pendukung lainnya. Pemerintah membantu standarisasi bahan baku buah belimbing, proses ekstraksinya, serta promosinya,” ucap Wahyudi. (nt)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments