Petugas Bandara Soetta Gagalkan Ekspor Ikan Arawana Papua

oleh -
Petugas menunjukan ikan arwana yang diselundupkan dari Papua. (pp)
Petugas menunjukan ikan arwana yang diselundupkan dari Papua. (pp)

Palapanews.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang berhasil menggagalkan upaya ekspor puluhan ekor ikan Arawana asal Papua. Sebanyak 50 ekor ikan Arawana tersebut akan diekspor ke Honolulu, Amerika Serikat.

Namun berkat ketelitian petugas BKIPM Bandara Soetta, rencana ekspor ikan Arawana itu dapat digagalkan. Kepala BKIPM Bandara Soetta Siti Chadidjah mengungkapkan pihaknya melakukan penahanan terhadap komoditi Arawana Irian pada Kamis (12/1/2017) lalu.

“Kami melakukan penahanan karena tidak sesuai dengan laporan PPK dengan hasil pemeriksaan ulang yang dilakukan petugas kami,” ujar Siti kepada Palapanews.com, Minggu (15/1/2017).

Ia menjelaskan modus yang dilakukan pelaku yang belakangan ini diketahui PT IT yakni dengan cara menggabung Ikan Arawana Irian dengan ikan lain dalam boks yang sama.

“Modusnya, ikan Arawana tersebut digabung dengan ikan jenis Black Ghost. Setelah diperiksa ulang, ditemukan ikan lain yakni Arawana Irian dalam kemasan tersebut,” ucapnya.

Ikan yang bersifat endemik itu kini diamankan di Instalasi BKIPM Bandara Soetta. Sedangkan pelaku diperiksa dan diproses lebih lanjut oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

“Pelaku sudah diperiksa oleh penyidik kami, untuk diroses lebih lanjut,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.