SILPA APBD Kota Tangerang 2016 Diprediksi Rp650 Miliar

oleh -
Suparmi, Ketua DPRD Kota Tangerang. (dok)

Palapanews.com- Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) dari APBD Kota Tangerang tahun 2016 diprediksi mencapai Rp650 miliar. DPRD Kota Tangerang terus mendorong para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa merealisasikan serapan anggaran hingga 90 persen.

Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi mengatakan, SILPA 2016 ini merupakan prediksi sementara dari sebelumnya diperkirakan Rp900 miliar. Jumlah ini juga lebih kecil 50 persen dari tahun 2015 lalu yang mencapai Rp1,2 Triliun.

“Masih ada kegiatan OPD yang berjalan. Memang menurun dari prediksi awal Rp900 miliar karena ada beberapa urusan yang ditarik ke pusat,” katanya.

Menurut Suparmi, SILPA terbesar kemungkinan terkait pembebasan lahan yang mengalami banyak kendala. Namun mereka tidak memiliki data detailnya. “Kemungkinan jumlahnya masih bisa bertambah,” katanya.

Untuk menekan SILPA, kata Suparmi, DPRD terus mendorong agar kegiatan harus terealisasi 90 persen. Selain itu juga dikerjakan dengan benar, transparan dan tidak ada KKN.

“Sebelumnya kita juga terus mengontrol kegiatan dengan melakukan rapat evaluasi tiap Komisi DPRD dengan OPD terkait. Evaluasi berlangsung tiap triwulan 1 sampai 4,” katanya.

Tak hanya itu, sebelumnya DPRD juga akan memberikan sanksi kepada dinas yang serapan angarannya rendah dengan tidak akan menambah anggarannya pada tahun 2017. “Selebihnya kita berikan catatan kepada wali kota dan sekda untuk menindak dinasnya, karena itu diluar ranah kami,” katanya. (nai)

Komentar Anda

comments