Biaya SD & SMP di Kota Tangerang Bakal Gratis

oleh -
Suparmi, Ketua DPRD Kota Tangerang. (dok)
Suparmi, Ketua DPRD Kota Tangerang. (dok)

Palapanews.com- Kabar membahagiakan datang untuk masyarakat Kota Tangerang. Di tahun 2017, Pemkot akan menggratiskan biaya pendidikan untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Tingkat Menengah (SMP) di tingkat swasta.

Biaya pendidikan gratis untuk sekolah SD-SMP swasta itu pun sudah dianggarkan melalui Dinas Pendidikan. Pihak DPRD Kota Tangerang juga sudah merespon positif dan menyetujuinya.

“Kalau tahun 2016 kan baru negeri saja yang gratis. Tahun 2017 ini Kota Tangerang akan menggratiskan biaya pendidikan SD dan SMP tingkat swasta,” kata Ketua DPRD, Suparmi saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjut Suparmi, untuk pelaksanaan program tersebut teknisnya ada di Dinas Pendidikan (Dindik). Hanya saja ada beberapa sekolah swasta yang tidak mau dibantu.

“Itu tidak menjadi masalah, karena memang tidak mau dibantu dan tidak melanggar aturan karena kebijakan lokal,” ujar politisi PDIP tersebut.

Menurut Suparmi, untuk sekolah swasta yang mampu artinya orang tua yang menyekolahkan anaknya disitu sudah mampu secara finansial. Tidak mungkin juga yang tidak mampu sekolah disitu seperti BPK Penabur yang uang masuknya saja sudah besar.

“Yang pasti kita sudah tawarkan ke swasta untuk program ini. Nanti yang mau dibantu atau tidak Dinas Pendidikan yang mendata,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menuturkan, selama ini Pemkot Tangerang terus berupaya memberikan yang terbaik. Diantaranya melalui beasiswa yang diberikan kepada pelajar berprestasi sekolah negeri khususnya bagi yang kurang mampu, yaitu melalui Program Tangerang Cerdas.

Bahkan untuk tahun 2017, sudah memenuhi amanat peraturan perundangan yaitu sebesar 20 persen yang diarahkan untuk peningkatan sarana dan prasarana. Seperti penambahan ruang kelas dengan  mengalokasikan dana sebesar Rp. 22,1 miliar.

“Untuk pemberian BOP yang selama ini hanya diberikan bagi sekolah negeri, maka tahun 2017 akan diberikan juga kepada siswa-siswi sekolah swasta, yang dianggarkan sebesar Rp. 60 miliar. Begitu halnya dengan kesejahteraan para guru, yang juga diupayakan semakin meningkat setiap tahunnya,” tandasnya. (uad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.