Toilet Gebrak Pak Kumis Adopsi IUWASH

oleh -
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. (bbs)
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. (bbs)

Palapanews.com- Program unggulan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, yakni Gerakan Bersama Atasi Kawasan Kumuh dan Miskin (Gebrak Pak Kumis) mulai menyasar pembangunan toilet ramah lingkungan. Program ini mengadopsi milik Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH).

Koordinator Pokja Fasilitator Gebrak Pak Kumis Kabupaten Tangerang, Chamdani mengatakan sebanyak 1071 rumah yang dibedah dilengkapi dengan toilet yang ramah lingkungan. Septic tank pun menggunakan biofil yang bermutu tinggi dan sistemnya sudah teruji.

“Sistem yang digunakan adalah biological filtration, sistem ini menjadikan biofil septic tank yang modern dan ramah lingkungan, karena sebelum air limbah domestik sebelum dibuang ke saluran ataupun selokan umum itu diproses terlebih dahulu didalam biofil, sehingga air yang keluar dari biofil sudah ramah lingkungan dan tidak mencemari air tanah disekitarnya,” tandasnya.

Eeng Suherman, Fasilitator Tekhnik (IUWASH) berharap agar warga penerima bantuan bedah rumah ini bisa memiliki rumah layak dan sanitasi sehat.

“Dengan memakai septic tank biofil ini diharapkan warga miskin bisa hidup sehat, apalagi septic tank ini sangat cocok bagi warga yang lahannya pas-pasan,” tandasnya. (day/one)

Komentar Anda

comments