Buku “Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis” Diluncurkan di SHLV

oleh -
Winda, penulis buku yang juga penderita MS bersama dokter Yusak. (bd)
Winda, penulis buku yang juga penderita MS bersama dokter Yusak. (bd)
Winda, penulis buku yang juga penderita MS bersama dokter Yusak. (bd)

Palapanews.com – Multiple Sclerosis? Pernahkah Anda mendengar istilah penyakit ini? Jika belum, Anda tidak perlu berkecil hati. Sebab Multiple Sclerosis atau sering disingkat MS adalah nama penyakit yang memang sangat jarang diderita oleh orang Indonesia.

Bahkan MS juga sangat jarang diderita oleh penduduk di negara-negara di Benua Asia. Penyakit ini, lebih banyak menyerang orang-orang di Benua Eropa, Negara-negara di Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Penyakit ini termasuk dalam kelompok penyakit Autoimun, dimana system kekebalan tubuh kita sendiri menyerang dan merusak, bahkan sampai menghancurkan myelin atau selubung saraf. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang seluk beluk apa itu Multiple Sclerosis? Anda bisa menguliknya melalui buku yang berjudul: “Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis”

Jumat, 11 Nopember 2016 kemarin, di Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) diluncurkan buku tersebut usai acara seminar medis tentang MS. Hadir dua penulis buku tersebut Dr. dr. Yusak M.T. Siahaan, Sp.S, FIPP dan Winda Napitupulu, penulis yang juga seorang pasien penderita MS.

Karena mengalami sendiri, Winda, sapaan Winda Napitupulu, wanita berparas cantik ini, dengan mudah menuangkan tulisan tentang apa yang dialaminya mulai dari gejala yang dirasakannya, sampai kemudian dia didiagnosa sebagai pengidap MS.

Namun, dengan semangat yang Winda miliki serta dukungan yang kuat dari keluarganya, MS yang dideritanya sama sekali tidak menghalanginya untuk terus aktif dan berkarya. Winda masih bisa tersenyum dan menatap masa depannya.

Ditulis dengan gaya bahasa yang ringan, buku ini diharapkan dapat dipahami dengan mudah oleh para pembacanya. Selain berisi penjelasan tentang MS dari kaca mata medis, buku ini juga menampilkan kisah inspiratif.

Dengan MS penulis merasa hidupnya justru makin berwarna: sulit ditebak dan penuh kejutan. Penulis juga membagikan tips buat para caregivers (keluarga dan sahabat) pejuang MS. Apa yang perlu dilakukan untuk merawat dan mendampingi mereka.

“Harapannya, melalui seminar dan peluncuran buku ini,  maka informasi yang benar  mengenai MS bisa tersebar  luas dan masyarakat tahu bahwa di Siloam Hospital Lippo Village ada tenaga medis yang ahli dan mengetahui bagaimana mendeteksi dini gejala Multiple Sclerosis sampai pengobatannya,” kata dr. Jeffry Oeswandi, MARS, Wakil Chief Executive Officers, Siloam Hospitals Lippo Village. (bd)

Komentar Anda

comments