Pemerintah Harus Hadir Tekan Kasus Kekerasan Anak

oleh -
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (net)

Palapanews.com- Belakangan ini kasus kekerasan terhadap anak kian mengkhawatirkan. Kondisi ini pun membuat calon gubernur Banten no urut 1, Wahidin Halim merasa prihatin.

Mantan Walikota Tangerang dua periode ini mengatakan, di negara-negara maju setiap anak sangat dilindungi. Bahkan berbagai fasilitas disediakan oleh pemerintah.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi saat ini, dimana kasus kekerasan anak sering terjadi. Solusinya adalah negara harus hadir, pemerintah juga hadir karena memang anak perlu kasih sayang,” kata Wahidin.

Menurut WH, sapaan akrab Wahidin Halim, pihaknya akan berkomitmen memberikan perlindungan terhadap anak maupun hak-hak anak. Terutama di bidang pendidikan dengan membangun sumber daya mulai dari tingkat bawah seperti Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai kepada tingkat menengah dan atas.

“Untuk menekan kasus kekerasan anak juga diperlukan fungsi sosial yang memantau anak saat di sekolah dan dirumah. Diluar negeri saja bisa ada dokter khusus yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan terapi sebagai bentuk perhatian pemerintah,” jelasnya.

Ditambahkan adik mantan menteri luar negeri Hasan Wirayuda ini bahwa saat ini pemerintah belum hadir sehingga banyak terjadi kasus kekerasan yang menimpa anak. Dia berharap, pemerintah bisa meningkatkan peran untuk melindungi anak melalui sosialisasi atau lainnya serta tindakan dari aparat hukum kepada para pelaku kekerasan.

Diketahui, baru-baru ini Kota Tangerang, Banten, digemparkan dengan kasus kekerasan anak yang mengakibatkan dua bocah dibawah umur meninggal dunia dan satu bocah di Kecamatan Cibodas mengalami pelecehan seksual. (uad)

Komentar Anda

comments