Jelang Aksi 4 November, Arief Minta Jaga Kondusifitas

oleh -
Rapat koordinasi forkominda Kota Tangerang. (ist)

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang bersama Kepolisian dan TNI menggelar rapat koordinasi ketertiban dan keamanan. Hal ini menyusul adanya rencana aksi demonstrasi besar-besaran mengawal fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang akan berlangsung di Jakarta, Jumat (4/11/2016) besok.

Dalam rapat tersebut, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah meminta sinergitas antara Tiga Pilar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yaitu Tentara, Kepolisian dan Pemerintah Daerah untuk semakin ditingkatkan.

“Koordinasi dan komunikasi harus selalu intens terjalin mulai dari tingkat Rukun Tetangga, Rukun Warga, Kelurahan, Kecamatan sampai tingkat kota agar keamanan ketertiban dan kenyamanan dapat senantiasa dirasakan oleh warga Kota Tangerang,” terangnya saat Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Selasa (1/11/2016) lalu.

Menurut Arief, keamanan dan ketertiban kota harus selalu dijaga setiap saat dan itu semua tanggung jawab kita semua. Meskipun lokasinya bukan di Kota Tangerang, dirinya tetap meminta agar kondusifitas kota tetap dipantau dan dijaga, serta berharap segala permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dapat diselesaikan dengan seadil-adilnya sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Kamtibmas harus senantiasa kita wujudkan agar segala aktivitas, baik ekonomi, sosial, pembangunan ataupun politik dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat merasakan nyaman dan aman dalam beraktivitas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort Tangerang Kota, Kombes Irman Sugema juga turut menyampaikan berbagai dinamika perkembangan yang ada di masyarakat saat ini. Seperti halnya kebebasan dalam menyampaikan pendapat di muka umum, yang memang dijamin undang-undang.

“Kita ketahui bersama, pada 4 November 2016, akan ada aksi damai di Jakarta. Sebagai kota penyangga, kita juga tentunya harus tetap waspada dan kawal bersama agar pelaksanaannya berjalan lancar dan saudara-saudara kita dapat menyampaikan aspirasinya dengan baik dan tertib,” jelasnya.

Menurut Irman, koordinasi ini adalah bagian dari perwujudan Kamtibmas guna mencegah dan mempersempit tindakan atau upaya yang dapat turut mengganggu kondusifitas kota.

“Masyarakat juga harus kita informasikan dengan benar agar tidak terjadi kesimpangsiuran di masyarakat dan diharapkan mereka dapat turut berperan aktif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan,” ungkapnya.

Ditambahkan Irman, semua aparat yang ada di Kota Tangerang harus dapat mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawabnya agar segala pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan optimal.

“Mari kita bersama-sama terus wujudkan Kamtibmas khususnya di Kota Tangerang, seluruh aparat kepolisian, unsur tentara dan Satpol PP Kota Tangerang harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Teruskan sinergitas kita dalam wujudkan Kota Tangerang yang selalu kondusif,” pungkasnya. (uad)

Komentar Anda

comments