Tangsel Optimis Sabet Juara LSS Tingkat Banten

oleh -
Kepala SMPN 4 Kota Tangsel, Rita Juwita. (nad)
Kepala SMPN 4 Kota Tangsel, Rita Juwita. (nad)
Kepala SMPN 4 Kota Tangsel, Rita Juwita. (nad)

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan optimis dua sekolah yang mewakili Tangsel di Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Banten bakal meraih juara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tangsel Suharno saat menyambut 12 tim juri yang diketuai oleh Nia Umaniati dari Provinsi Banten di Balaikota Tangsel, Ciputat, Rabu (26/10/2016).

Kedua sekolah yang mewakili Kota Tangsel dilomba tersebut yakni SMP Negeri 4 Tangsel di Kecamatan Pamulang dan MAN Insan Cendikia Serpong di Kecamatan Serpong.

Pihaknya sudah melakukan pembinaan kepada kedua sekolah tersebut melalui sejumlah indikator penilaian di sekolah. Salah satunya pada bidang fisik lingkungan serta sarana dan prasarana. Sedangkan, non fisik dinilai kedisplinan dan prilaku siswa.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan untuk memperoleh kategori sekolah sehat dengan kategori kinerja terbaik (Best Performance) atau sekolah pencapaian terbaik (Best Achievement).

Sementara pantauan di MAN Insan Cendekia enam orang tim juri TP UKS Provinsi Banten memonitoring dan penilaian. Mereka berkeliling sekolah untuk menilai ruang kelas, kebersihan kantin, ruang UKS, pengolahan sampah serta kedisplinan siswa.

Hampir sama dengan MAN Insan Cendekia, di SMP Negeri 4 Tangsel pun dilakukan penilaian seperti ruang UKS, laboratorium, kelas, ruang bimbingan konseling, kamar mandi dan lainnya.

Kepala SMP Negeri 4 Tangsel, Rita Juwita pihaknya memiliki beberapa kelebihan yang dianggap pantas mewakili Kota Tangsel untuk maju dalam LSS. Seperti ruang UKS yang sudah memiliki perawatan gigi, ratusan toga, kebersihan TPS, kegiatan Bimbingan Konseling, toilet sebanyak 35, dan lainnya.

“Semua sarana dan prasarana di sekolah kami lengkap, bahkan melebihi standar yang sudah ditentukan. Oleh karena itu kami sangat optimis untuk bisa menang LSS tingkat Provinsi. Mudah-mudahan kita jadi yang terbaik dari yang baik,” jelasnya.

Namun, semua ini bukan hanya untuk sekedar lomba tapi bagaimana bisa membiasakan keseharian siswa maupun guru di sekolah tetap menjaga lingkungan. Bukan hanya untuk lomba saja, namun penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, menurut salah satu juri Nia Omaniati, SMP Negeri 4 Tangsel cukup bagus. Bahkan sarana dan prasarananya lengkap. “Dilihat dari sisi administrasi lebih unggul dibanding kota lainnya yang sudah kami kunjungi,” terangnya. (nad)

Komentar Anda

comments