BLHD Tangsel Belajar Pengelolaan Lingkungan di Jepang

oleh -
Kepala BLHD Tangsel Rahmat Salam (kiri) menerima souvenir dari pemerintah Jepang. (ist)
Kepala BLHD Tangsel Rahmat Salam (kiri) menerima souvenir dari pemerintah Jepang. (ist)
Kepala BLHD Tangsel Rahmat Salam (kiri) menerima souvenir dari pemerintah Jepang. (ist)

Palapanews.com- Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belajar pengelolaan lingkungan di Jepang selama sepekan (13-19/10/2016). Pelatihan itu dibiayai langsung Indonesia Education Promoting Foundation (IEPF).

Diketahui, IEPF merupakan organisasi nirlaba yang konsen terhadap lingkungan dari Pemerintah Jepang. Di Jepang, Kepala BLHD Rahmat Salam dan Kasubid Informasi Lingkungan pada BLHD Tangsel mengunjungi sejumlah lokasi pengelolaan lingkungan di Provinsi Toyama.

Lokasi yang dikunjungi, antara lain Universitas Toyama, Hutan Kota Toyama, Enviromental Agency di Gedung Pusat Pemerintahan Toyama, Puncak Gunung Tateyama dan Bendungan (DA) Kurobe, melihat pameran Innovasi Teknologi di Science Techno Park, energi listrik dari kincir Angin, pengolahan air minum, tempat pengolahan makanan serta Clean Centre atau pengolahan sampah Kota Toyama.

“Banyak hal yang dipelajari, seperti pengelolaan lingkungan, air bersih hingga pengolahan sampah,” kata Rahmat Salam.

Lingkungan di Provinsi Toyama, menurutnya sangat baik. Tidak terlihat sampah yang di jalan-jalan, termasuk di hutan kota. Bahkan, pemerintah di Kota Toyama beranggapan semakin banyak tong sampah yang disediakan, kota akan semakin kotor.

“Warga di sana (Toyama) bekas makanan yang menjadi sampah dikantongi. Buang sampahnya di rumah. itu pun sudah dipilah. Makanya, di tempat umum tidak disediakan tong sampah,” ujarnya. (kie)

Komentar Anda

comments