Satpam Diminta Berkoordinasi Dengan Kepolisian

oleh -

Palapanews.com- Kepolisian Resort Metro Tangerang Kota menggelar apel besar bersama ratusan satpam Perusahan yang ada di Kota Tangerang, Rabu (19/10/2016). Apel ini dilaksanakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kemungkinan bisa terjadi.

Pada kesempatan apel besar ini diikuti oleh kurang lebih 150 orang Satpam dari 3 vendor Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) di wilayah hukum Polrestro Tangerang Kota. Diantaranya, PT. Elang Mitra Sejati, PT. Garda Bhakti Nusantara dan PT Kautsar Pribadi.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Irman Sugema mengatakan, apel besar Satpam ini bertujuan menjaga Kamtibmas untuk menekan pengaruh faktor korelatif kriminogen (FKK/Potensi Gangguan) terhadap munculnya kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya khususnya diwilayah kerja masing-masing.

“Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung Program PromoterĀ  Kapolri serta mewujudkan kesadaran hukum masyarakat,” kata Kapolres, Rabu (19/10/2016).

Irman menuturkan, pihaknya meminta kepada para pengusaha BUJP dalam mengelola sistim management Satpam selalu berkoordinasi kepada pihak Kepolisian. Hal itu sesuai dengan Peraturan Kapolri No 24 tahun 2007 tentang Sistim management Pengamanan.

“Kami harap para Satpam juga selaluĀ  menjalin hubungan yang baik dengan Anggota Polri khususnya Bhabin Kamtibmas diwilayah, apabila ada hal-hal yang memerlukan tindakan kepolisian segera laporkan ke polsek atau polres terdekat,” tuturnya.

Menurut Irman, para Satpam dalam melaksanakan tugas pengamanan di tempat kerja agar selalu mematuhi peraturan tentang seragam dinas yang telah ditentukan dan memegang teguh prinsip prinsip penuntun Satpam.

“Mereka harus mengedepankan Profesionalitas dan humanis. Senyum,sapa dan salam serta tidak mengedepankan arogansi yang dapat memicu timbulnya konflik dan kesalahpahaman,” ungkapnya.

Untuk itu, tambah Irman, para Vendor (BUJP ) harus dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kemampuan satpam melalui pelatihan-pelatihan secara berkala. (uad)

Komentar Anda

comments