KPU Banten & DKI Jakarta Koordinasi Data Pemilih

oleh -
Rakor Data Pemilih KPU Banten dan KPU DKI Jakarta di Serpong. (nad)
Rakor Data Pemilih KPU Banten dan KPU DKI Jakarta di Serpong. (nad)
Rakor Data Pemilih KPU Banten dan KPU DKI Jakarta di Serpong. (nad)

Palapanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten dan DKI Jakarta menggelar rapat Koordinasi di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (18/10/2016). Rakor ini membahas Pemutakhiran Data Pemilih di dua Provinsi bertetangga ini.

Anggota KPU Banten Divisi Program dan Data, Didih M Sudih mengatakan Rapat Koordinasi antar KPU Banten dan DKI Jakarta bermencari permasalahan terutama tentang daftar pemilih, dimana kedua wilayah ini saling berbatasan dan rawan dalam perpindahan masing-masing pemilih dari satu provinsi ke provinsi lainnya.‎

“Kedua wilayah ini memiliki penduduk yang mobilitas cukup tinggi. Selain itu diprediksi cukup banyaknya warga DKI Jakarta yang masih memiliki Nomor Kartu Keluarga di Banten dan juga sebaliknya sehingga hal ini rawan dalam pemilihan Gubernur DKI dan juga Banten,” ujarnya.

Untuk itu akan dilakukan pengecekan melalui Sistem Data Pemilih (Sidalih) yang ada di KPU dan kemudian dikoordinasikan dengan Disdukcapil di masing-masing Provinsi. Jangan sampai nanti ada penduduk yang terdaftar didua Provinsi sehingga rawan menggunakan hak suaranya didua Pilkada yang berbeda.

“Penting bagi masyarakat untuk perekaman e-KTP karena dalam Pilkada Serentak tahun 2017 mendatang yang digunakan adalah data E-KTP. Jika belum terdaftar atau belum melakukan perekaman E-KTP maka harus meminta surat keterangan dari Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil atau Disdukcapil setempat untuk dapat menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Serentak 15 Februari 2017 mendatang,” jelasnya.

Diketahui, Provinsi Banten dan DKI Jakarta bakal melaksanakan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Februari 2017 mendatang. (nad)

Komentar Anda

comments