CASIO Bagikan 36 Kalkulator Ilmiah ke Sekolah

oleh -
Perwakilan Casio memberikan kalkulator secara simbolis. (ist)
Perwakilan Casio memberikan kalkulator secara simbolis. (ist)
Perwakilan Casio memberikan kalkulator secara simbolis. (ist)

Palapanews- Perusahaan teknologi asal Jepang, CASIO, menyelenggarakan kegiatan sosial berkonsep pendidikan dengan memberikan kalkulator ilmiah (Scientific Calculator) CASIO FX-991 ID plus ke SMAN 2 Tangerang Selatan. Aktivitas ini berkaitan dengan keberadaan CASIO selama 36 tahun di Indonesia serta komitmen perusahaan yang telah berdiri sejak 1946 ini, untuk berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di seluruh dunia.

“Kalkulator merupakan produk pertama CASIO sejak awal didirikan. CASIO berkomitmen untuk berkontribusi memberikan pengaruh di banyak bidang kehidupan, salah satunya yaitu pendidikan melalui teknologi kalkultor yang kami kembangkan,” ungkap Hirokazu Satoh, Managing Director Casio Casio Singapore Pte, Ltd – Jakarta Representative Office

Kalkulator CASIO FX-991 ID plus yang diberikan kepada SMAN 2 Tangerang Selatan merupakan kalkulator ilmiah pertama berbahasa Indonesia yang merupakan hasil kerjasama dengan para pengajar dan ahli pendidikan Indonesia. CASIO FX-991 ID plus dibuat khusus untuk siswa Indonesia sehingga semua notasi matematika dan isi di dalamnya telah disesuaikan dengan kurikulum SMP/SMA/SMK dan Statistik Dasar (Perguruan Tinggi) di Indonesia.

“Kalkulator CASIO FX-991 ID plus membantu siswa membuat perhitungan lebih cepat, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan explorasi mathematical thinking dan melakukan problem solving,” jelas Satoh.

Menurutnya, banyak pihak beranggapan kalkulator membuat siswa menjadi malas berpikir dan ketergantungan. Ini yang membuat kalkulator dianggap sebagai alat yang bertolak belakang dengan konsep pengajaran matematika. Padahal di sisi lain, Matematika adalah ilmu yang mengajarkan problem solving, jadi tidak hanya mengenai perhitungan saja.

Selain memberikan kalkulator ilmiah pada pihak sekolah untuk mendukung kegiatan belajar Matematika, CASIO juga mendatangkan guru tamu yang mengajarkan berbagai alternatif belajar Matematika menggunakan kalkulator kepada para siswa SMAN 2 Tangerang Selatan.

“CASIO ingin membuat Matematika sebagai sesuatu yang menyenangkan dan disukai siswa, bukan lagi sebagai mata pelajaran yang menakutkan. Adanya penguasaan dan pemahaman ilmu ini membuat siswa bisa membentuk cara berpikir yang logis, runut dan solutif sehingga pada akhirnya bisa membantu meningkatkan kompetensi siswa di masa depan, terutama pada saat terjun ke dunia pekerjaan,” jelas Satoh.

Untuk memotivasi siswa agar tertarik dengan pelajaran Matematika, CASIO pun mengundang Brandon Salim sebagai bintang tamu. Brandon dikenal sebagai musisi muda berbakat yang terinspirasi menciptakan lagu dengan memanfaatkan kegemarannya dalam Matematika.

“Kita bisa melihat bagaimana dunia sains dan seni bisa menyatu dan saling melengkapi.  Brandon adalah profil nyata tentang bagaimana mengaplikasikan matematika dalam kehidupan. Kami berharap apa yang kami bawa ke sekolah ini bisa memotivasi para pelajar untuk mencintai matematika,” tutupnya. (rls)

Komentar Anda

comments