Perwakilan Badan Atom Dunia Kunjungi BPBD Tangsel

oleh -
Badan Atom Internasional. (net)
banner 300250
Badan Atom Internasional. (net)
Badan Atom Internasional. (net)

Tangsel- Perwakilan International Atomic Energy Agency (IAEA) dari Australia dan Slovenia berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDPD) Kota Tangsel, pada Selasa (20/9/2016) sore.

Kedatangan Badan Tenaga Atom Internasional yang tugasnya mempromosikan penggunaan energi nuklir secara damai serta menangkal penggunaan untuk keperluan militer tersebut, didampingi Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (BAPETEN).

Ketua rombongan Loch Castle, Director Security and Community Safety Operations Service Branch menyatakan, kedatangan pihaknya dalam rangka mengevaluasi bila terjadi dampak nuklir, seperti bagaimana penanggulangannya.

“Jarak aman atau radiasi nuklir itu seberapa jauh, jadi bagaimana kesiapan pemerintahan setempat (BPBD) untuk menanggulangi dampak nuklir, apalagi ada BATAN di Puspiptek, Setu,” ucap warga negara Australia ini kepada wartawan di Kantor BPBD, Serpong.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel Uci Sanusi mengakui, pihaknya telah siap bila terjadi dampak nuklir jika radiasinya sampai keluar kawasan. Kesiapan tersebut terlihat, telah dimilikinya Peraturan Daerah (Perda) Kota Tangsel Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penanggulangan Bencana dan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 21 tahun 2012 tentang Prosedur Komando Tanggap Darurat Bencana.

“Jadi kalau memang benar terjadi dampak nuklir, kami siap menjadi komando sekaligus mengkoordinir seluruh unsur terkait penanggulangan bencana dan ini telah dibuktikan dengan terjadinya bencana banjir juga longsor, dimana seluruh elemen dengan mudahnya disatukan agar mengatasi bencana itu,” tegas mantan Kepala Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangsel ini.

Seperti diketahui, markas Badan Atom Dunia berada di Wina, Austria dan anggota IAEA terdiri dari 137 negara, termasuk Indonesia. (ard)

Komentar Anda

comments