Calo PNS Ngaku Orang Dekat Airin Dibekuk

oleh -
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

Tangsel, PalapaNews.com – Seorang pria yang mengaku memiliki kedekatan dengan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, ditangkap polisi di sebuah warung di Kompleks Batan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel). Ia ditangkap karena melakukan penipuan berkedok calo PNS.

Modus yang digunakan pelaku bernama Mahesh Alam Januba adalah dengan mencatut nama Walikota Airin kemudian menjanjikan pekerjaan kepada korban sebagai PNS di Pemerintah Kota Tangsel. Asalkan mau membayar sejumlah uang, tentunya.

Seorang korban, Dikky Setiana Rizqy (26) mengaku, awalnya bertemu pelaku di sekitar Kompleks Batan. Dari pertemuan itu, pelaku meyakinkan Dikky bahwa dia dekat dengan orang kepercayaan Walikota Tangsel.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Tangsel, AKP Mansuri menuturkan dengan iming-iming akan diberikan pekerjaan sebagai PNS, lalu pelaku meminta uang sebesar Rp25 juta kepada korban yang juga mahasiswa itu.

“Karena terus diperdaya oleh pelaku, korban akhirnya menyerahkan uang awal sebesar Rp15 juta pada pelaku dengan bukti kwitansi yang ditanda tangani keduanya,” kata AKP Mansuri.

Selanjutnya, sambung AKP Mansuri, Mahesh kembali meminta sisa uang yang harus dibayarkan oleh korban. Dikky pun kembali menyerahkan uangnya sebanyak Rp5 juta kepada pelaku yang tinggal di Jalan Raya Serpong, RT 04 RW 06, Serpong.

“Total korban sudah membayar uang sebanyak Rp21,5 juta kepada pelaku. Korban yang tak kunjung bekerja akhirnya curiga, dan melaporkan kasus ini ke polisi,” sambung AKP Mansuri.

Meneruskan laporan korban, Tim Unit Jatanras Polres Tangsel langsung bergerak dan menangkap pelaku berikut barang bukti kwitansi serta foto bukti transfer uang puluhan juta ke rekening pelaku.

“Pelaku mengaku-ngaku saja sebagai orang dekat walikota, tujuannya untuk melakukan penipuan itu,” pungkas AKP Mansuri. (nad)

Komentar Anda

comments