Cek Fasilitas RSU Kota Tangsel Lewat Aplikasi Berbasis Android

oleh -
Kasi Pelayanan Medis RSU Tangsel dr Suherman. (one)
Direktur RSU Kota Tangsel, Maya Mardiana saat peluncuran SIFak- SPGDT RSU Kota Tangsel. (ist)
Direktur RSU Kota Tangsel, Maya Mardiana saat peluncuran SIFak- SPGDT RSU Kota Tangsel. (ist)

Tangsel, PalapaNews.com – Upaya pemerintah daerah menjadikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai smart city kiranya semakin terwujud. Ini setelah pemerintah daerah meluncurkan beragam aplikasi layanan berbasis aplikasi teknologi informasi, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Seperti yang dilakukan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, rumah sakit berlokasi di Jalan Pajajaran No 101 Pamulang ini meluncurkan aplikasi teknologi informasi berbasis Google Play Store, Sistem Informasi Fasilitas Kesehatan-Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SIFak-SPGDT).

Kasi Pelayanan Medis, dr Suherman mengatakan aplikasi yang mulai dikenalkan kepada masyarakat pada 15 Agustus 2016 itu bisa diunduh di Google Play Store, dengan mengklik SIFak- SPGDT RSU Kota Tangsel. Untuk saat ini, menurutnya hanya pengguna smartphone berbasis android saja yang bisa mengunduh aplikasi itu.

“Aplikasi ini kami hadirkan untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan dari RSU Kota Tangsel. Karena di dalam aplikasi ini kami tampilkan berbagai fitur yang berkaitan langsung dengan pelayanan RSU Kota Tangsel,” kata dr Suherman.

Untuk fitur pertama, yakni SPGDT 119. Fitur ini, menurutnya berfungsi untuk melakukan panggilan ke Call Center gawat darurat 119. Masyarakat yang membutuhkan informasi atau layanan, bisa langsung meng-klik fitur tersebut untuk tersambung ke operator.

“Selain SPGDT 119, tersedia juga fitur Call Center RSU. Fungsinya sama, ini untuk mengantisipasi ketika fitur SPGDT 119 tidak bisa diakses. Karena SPGDT ini terhubung ke Puskesmas, sedangkan Call Center RSU langsung ke RSU Tangsel,” dr Suherman menambahkan.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi jadwal praktek dokter atau poliklinik, menurut dr Suherman juga bisa diakses di aplikasi SIFak- SPGDT RSU Kota Tangsel itu. Kata dia, jadwal praktek, dokter jaga dan hari pelayanan bisa diakses lewat fitur Poliklinik.

Melalui fitur Rawat Inap, dr Suherman mengaku diinformasikan secara real time, mulai dari jumlah kamar yang tersedia, perawatan gawat darurat dan perawatan lain yang menjadi pelayanan RSU Kota Tangsel.

“Jadi masyarakat bisa mengecek langsung, apakah ruang gawat darurat saat ini sedang kosong atau tidak. Karena laporannya kami lakukan secara real time, setiap ada penanganan atau ada pasien masuk, langsung dilaporkan oleh petugas jaga,” beber Suherman.

Bagi masyarakat yang ingin mencari tahu tentang tarif pelayanan di RSU Kota Tangsel, Suherman mengaku sudah bisa mengaksesnya di fitur Tarif RSU. Kata dia, di fitur itu ditampilkan tarif seluruh jenis pelayanan yang dilakukan oleh RSU Kota Tangsel. “Tarif ini tentunya sesuai dengan Perda No 9 Tahun 2014 tentang Retribusi Daerah,” tandasnya.

Selain informasi yang tersedia di RSU Kota Tangsel, masyarakat juga bisa mengakses informasi terkait Puskesmas yang ada di Kota Tangsel. Di fitur Puskesmas ditampilkan 26 Puskesmas yang tersebar di kota perdagangan dan jasa itu, lengkap dengan alamat dan nomor telepon Puskesmas terkait.

“Lewat aplikasi ini, masyarakat juga mengetahui posisi RSU Kota Tangsel dan Puskesmas di Kota Tangsel. Karena aplikasi ini terintegrasi dengan google map,” tandasnya. (adv)

Komentar Anda

comments