Eco Drive Contest , Cara Cerdas Hemat Bahan Bakar

oleh -
Para pemenang Eco Contest Drive 2016 yang digelar perdana. (ist0
Para pemenang Eco Contest Drive 2016 yang digelar perdana. (ist0
Para pemenang Eco Contest Drive 2016 ISUZU yang digelar perdana oleh PT IAMI. (foto: ist)

Tangerang, PalapaNews.com – Biaya bahan bakar mejadi salah satu komponen pengeluaran terbesar dalam operasional truk, di samping performa engine dan cara mengemudi juga menjadi faktor penentu. Untuk itulah, pada Juni hingga Juli 2016, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) bersama Dealer 3S Isuzu mengadakan Eco Drive Contest 2016.

Eco Drive Contest 2016 adalah sebuah kontes efisiensi bahan bakar untuk pengemudi Isuzu GIGA, truk medium bermesin common rail pertama di Indonesia. Parameter kontes menggunakan data konsumsi bahan bakar aktual dari data DRM (Data Record Module) yang dimiliki oleh Isuzu GIGA.

“Isuzu GIGA adalah truk dengan teknologi tinggi yang sudah diatur dengan sistem Common Rail dan dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan DRM untuk merekam histori pengoperasian truk, salah satunya adalah mengenai histori konsumsi bahan bakar,” jelas Rodko Purba, Division Head Service & Spare Part, usai acara penyerahan hadiah di arena GIIAS 2016.

Lebih jauh Rodko menjelaskan, sebagai parameter perlombaan di awal dilakukan download data dari DRM masing-masing truk untuk mengetahui konsumsi bahan bakar aktual sebelum kontes dimulai. Kemudian, pengemudi truk mendapatkan pelatihan dan training dari Isuzu mengenai tips mengemudi truk yang ekonomis.

“Tips tersebut diantaranya, menjaga kecepatan maksimal truk, tidak menggunakan putaran mesin tinggi, sebisa mungkin menggunakan gigi yang lebih tinggi, menggunakan Engine Brake yang efektif, kecepatan truk yang konstan, dan meminimalkan idling kendaraan,” paparnya.

Berdasarkan tips irit bahan bakar tersebut, pengemudi diharapkan dapat mempraktekkannya pada  operasional kendaraan sehari-hari. Berselang  3 sampai dengan 4 minggu dari download DRM pertama, tim penilai akan men-download data konsumsi bahan bakar lagi untuk kedua kalinya, dan dibandingkan antara data sebelum dan setelah training.

Eco Drive Contest 2016 ini, diselenggarakan di customer Isuzu GIGA terpilih di area Jabodetabek, yaitu PT. Kurnia Mitra Selaras, PT. Garda Depan, PT. Nippon Konpo Indologistik, PT. ARK Logistik, PT. Bhakti Idola Tama dan PT Satyamitra Kemas Lestari. Masing-masing perusahaan diwakili lima pengemudi untuk selanjutnya dipilih dua pemenang dan mendapatkan hadiah dari PT IAMI.

“Semoga Eco Drive Contest 2016 ini, dapat membantu pengusaha, atau pemilik truk untuk semakin meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan dapat  meningkatkan skill pengemudi truk Isuzu, bagaimana mengemudikan truk secara efisien dan hemat bahan bakar,” pungkas Takuji Kani, Sales Marketing, After Sales Service CV Director  PT IAMI. (bd)

 

Komentar Anda

comments