DBMSDA Tangsel Gelar Lomba Bersih Saluran Peringati HUT RI

oleh -
Walikota Airin Rachmi Diany memberikan piala kepada Camat Setu. (ist)
Dipimpin Kepala DBMSDA Retno Prawati melakukan pemantauan di Lomba Bersih Drainase. (ist)
Dipimpin Kepala DBMSDA Retno Prawati melakukan pemantauan di Lomba Bersih Drainase. (ist)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) menggelar lomba bersih-bersih saluran tingkat kecamatan se-Kota Tangsel. Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Pada kegiatan yang digelar di tujuh lokasi ini Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan Retno Prawati langsung meninjau program yang digelar rutin tiap tahun itu.

Ia mengatakan lomba bersih-bersih saluran ini berlangsung sejak Rabu (10/8/2016) hingga minggu (14/8/2016) yang diikuti tujuh kelurahan yang ditunjuk masing-masing kecamatan untuk mewakili lomba. “semuanya ada tujuh kelurahan yang mewakili Kecamatan yang ada di Tangsel,” katanya.

Selain memperingati HUT RI Ke-71, kata dia, lomba tersebut merupakan tindak lanjut program, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany yakni Gerakan Bersih Saluran. Terlebih, diakuinya kebersihan saluran memiliki fungsi penting untuk pengendalian banjir.

Retno menambahkan, lomba bersih-bersih saluran ini digelar sebagai upaya Dinas Bina Marga dan SDA untuk mengedukasi masyarakat, agar sadar pentingnya menjaga fungsi saluran air dengan baik, mengurangi resiko banjir dan membangun nilai kebersamaan atau gotong-royong. “Maka itu, lomba tak hanya melibatkan unsur Kecamatan saja. Kelurahan, Koramil dan warga pun terlibat dalam lomba ini,” tandasnya.

Sedangkan untuk tim penilai lomba, lanjut Retno, pihaknya melibatkan unsur dari Forum Kelurahan dan Kecamatan Sehat (FKKS), Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangerang Selatan dan sejumlah pegawai dijajaran Dinas Bina Marga dan SDA Kota Tangerang Selatan. “Mereka (FKS) lembaga independen dalam melakukan penilaian. Selebihnya dari dinas kita (DBMSDA),” terangnya.

Setelah penilaian, bagi kelurahan yang berhasil menjadi juara akan diberikan penghargaan pada puncak peringatan HUT RI ke-71 di Lapangan Cilenggang, Serpong pada Rabu (17/8/2016). “Mereka mendapatkan piala Bergilir Ibu Walikota Tangerang Selatan. Tahun lalu diraih kecamatan Setu,” ujarnya.

Walikota Airin Rachmi Diany memberikan piala kepada Camat Setu. (ist)
Walikota Airin Rachmi Diany memberikan piala kepada Camat Setu. (ist)

Sementara Camat Serpong Mursinah menerangkan kerja bakti massal tersebut merupakan rangkaian kegiatan lomba bersih saluran yang diadakan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel untuk menyabut peringatan HUT RI ke-71. Untuk Itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam lomba kebersihan tersebut. “Biar masyarakat lain ikut juga merasa memiliki dan bertanggung jawab atas kebersihan bantaran kali Cibarengkok,” katanya.

Koordinator tim penilai lomba, R Koeswara menjelaskan ada beberapa kriteria yang dijadikan acuan dalam lomba kebersihan saluran. Di antaranya, partisipasi masyarakat, panjang lokasi yang dibersihkan, volume yang dikerjakan dan kelancaran aliran air yang ada di saluran. “Lebih bagus lagi bila di bantaran kali atau pinggirannya ditanami pohon. Ini juga sangat penting untuk penilaian,” pungkasnya.

Adapun hasil tim penilai Kecamatan Setu masih menjadi juara bertahan lomba seperti tahun sebelumnya. Juara 2 Kecamatan Serpong dan juara 3 Kecamatan Pondok Aren. (adv)

Komentar Anda

comments