Biaya Pembebasan Jalan Siliwangi Pamulang Capai 1 Triliun

oleh -
Hadi Suryadi, Kepala DBMTR Provinsi Banten. (one)
Hadi Suryadi, Kepala DBMTR Provinsi Banten. (one)
Hadi Suryadi, Kepala DBMTR Provinsi Banten. (one)

Tangsel, PalapaNews.com – Proses pelebaran dan betonisasi ruas Jalan Siliwangi di Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terbentur anggaran pembebasan lahan. Pasalnya, duit yang harus disiapkan untuk membebaskan jalan milik Pemprov Banten itu mencapai Rp1 triliun.

“Biaya pembebasannya cukup besar mencapai 1 triliun rupiah. Dari 10 Kilometer panjang Jalan Siliwangi, baru tiga Kilometer yang dibebaskan,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten, Hadi Suryadi baru-baru ini.

Meski baru 3 Kilometer yang dibebaskan, Hadi mengaku secara eksisting proses pelebaran dan betonisasi ruas Jalan Siliwangi dari Pertigaan Parakan hingga Bundaran Pamulang bakal diselesaikan secara keseluruhan.

“Kami akan upayakan sisanya, dengan mengusulkan bantuan keuangan dan mekanisme pembebasan lain. Nanti, Pemkot yang membebaskan anggarannya dibantu Provinsi atau bantuan keuangan,” kata Hadi.

Hal yang sama, menurutnya bakal diberlakukan pula untuk ruas Jalan Pajajaran di Pamulang. “Mekanismenya akan kita samakan dengan Jalan Siliwangi, yakni melalui bantuan keuangan,” Hadi menambahkan.

Diketahui, saat ini proyek pelebaran dan betonisasi Jalan Siliwangi tengah digarap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Brantas Abipraya. Total panjangnya 10 Kilometer dengan lebar 32 ROW. (zah)

Komentar Anda

comments