15.000 Koperasi Tersebar di Kabupaten Tangerang

oleh -
Kegiatan santunan Koperasi Abdi Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. (eni)
Kegiatan santunan Koperasi Abdi Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. (eni)
Kegiatan santunan Koperasi Abdi Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. (eni)

Tangerang, PalapaNews.com – Perkembangan koperasi di Kabupaten Tangerang demikian pesat. Tercatat, hingga saat ini sudah ada 15.000 koperasi lebih yang menjadi binaan Koperasi Abdi Kerta Raharja.

“Ada 15 ribu lebih koperasi yang menjadi binaan. Keberadaan koperasi ini sebagai wadah silaturahmi, sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Ketua Koperasi Abdi Kerta Raharja, Farida Alawi.

Diakuinya, keanggotaan koperasi bersifat terbuka dan sukarela. Terbuka artinya anggota koperasi terbuka bagi siapa saja sesuai dengan jenis koperasinya.

“Sukarela artinya keanggotaan koperasi tidak atas paksaan. Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Sesuai dengan pengertian koperasi bahwa koperasi merupakan kegiatan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan. Maka tujuan utama koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” papar Farida.

Asisten Daerah I Kabupaten Tangerang, Arsyad Husein mengatakan Koperasi sebagai sokoguru perekonomian sudah seharusnya semakin digalakkan di Kabupaten Tangerang. Makna dari istilah koperasi sebagai sokoguru perekonomian dapat diartikan bahwa koperasi sebagai pilar atau penyangga utama atau tulang punggung perekonomian.

”Dengan demikian, koperasi diperankan dan difungsikan sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional. Keberadaannya pun diharapkan dapat banyak berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan dana kemakmuran masyarakat,” ujarnya. (eni)

Komentar Anda

comments