Pemkot Tangerang Gelar Pemilihan Duta Anak 2016

oleh -
Wakil Walikota memberikan penghargaan kepada pemenang Pemilihan Duta Anak. (nai)
Wakil Walikota memberikan penghargaan kepada pemenang Pemilihan Duta Anak. (nai)
Wakil Walikota memberikan penghargaan kepada pemenang Pemilihan Duta Anak. (nai)

Tangerang, PalapaNews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Tangerang, menggelar Pemilihan Duta Anak Kota Tangerang tahun 2016, yang dilaksanakan di Mall Bale Kota.

Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin menuturkan anak-anak adalah aset masa depan bangsa atau kota yang harus dibimbing dan diberi pengarahan dalam proses perkembangannya. Di mana, peran orang tua, guru, para pembimbing serta lingkungan sekitar, tentunya memiliki andil besar dalam pembangunan mental dan karakter mereka.

Melalui ajang ini, tutur Sachrudin, Pemkot Tangerang ingin memberikan ruang bagi anak-anak untuk dapat mengaktualisasikan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan diri dalam upaya menggapai berbagai cita-cita dan impian di masa depan.

Anak-anak di Kota Tangerang, lanjut Sachrudin, sudah mempunyai wadah atau tempat berhimpun yaitu melalui Forum Anak Kota Tangerang (FAKT). Dirinya meminta, BPMPKB dan Pembina FAKT untuk terus mengembangkan FAKT dari tingkat kelurahan hingga kecamatan, agar anak-anak di Kota Tangerang dapat semakin terarah dalam menjalani kehidupannya dan menjadi generasi yang berguna kelak.

Lalu, dalam upaya pengembangan hak anak, Pemkot Tangerang senantiasa terus mendorong melalui berbagai upaya seperti menyediakan taman dan ruang terbuka hijau untuk anak-anak, perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah, penyuluhan anak, dan Program Maghrib Mengaji dan Belajar.

Pemkot pun telah menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 yaitu tentang Perindungan Anak. Di mana tak hanya mengatur peran Pemkot akan tetapi peran dan dukungan masyarakat dan dunia usaha untuk turut memerhatikan hak-hak anak di Kota Tangerang.

Jadi, berbagai perangkat yang telah ada harus dapat dimaksimalkan sebaik mungkin untuk dapat memberikan ruang serta kesempatan kepada anak-anak untuk dapat berekspresi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya, demi pengembangan diri sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.

Salah satunya melalui pemilihan Duta Anak Kota Tangerang ini. Di mana Duta Anak Kota Tangerang, harus dapat menjadi motivator bagi anak-anak di Kota Tangerang maupun seluruh Indonesia. Untuk maju dan dapat menyuarakan hak-hak anak seperti hak untuk hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.

Yang diakhiri pesan Sachrudin kepada anak-anak di Kota Tangerang, agar terus belajar dengan tekun dan bersemangat untuk meraih cita-cita.

Adapun yang menjadi juara pertama sekaligus berhak menyandang gelar sebagai Duta Anak Kota Tangerang tahun 2016 yaitu Veronica Angelia perwakilan dari SMAN 4 Kota Tangerang. Juara kedua, Zakia Nur Syahadah dari SMA Islam Az  Zamir dan juara ketiga, Hadi Eka Sapta dari SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. (nai)

Komentar Anda

comments