Ada Kampung Ramadan di Kota Tangerang

Pembukaan Kampung Ramadan oleh Walikota Tangerang. (ist)
Pembukaan Kampung Ramadan oleh Walikota Tangerang. (ist)

Tangerang, PalapaNews.com – Dalam rangka mensyiarkan nilai-nilai Islam khususnya pada bulan Ramadan, Pemkot Tangerang meluncurkan program Kampung Ramadan di Masjid Al Mubarok Kelurahan Panunggangan Pinang, Minggu 5 Juni 2016.

Kegiatan yang diinisiasi Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah ini diisi kegiatan khas Ramadaan seperti pesantren kilat juga berisi berbagai lomba dan bazar makanan, kue takjil dan sembako.

“Intinya adalah masyarakat bisa terlibat dalam pembangunan lewat partisi aktif dalam kegiatan Gebyar Ramadan, karena nanti masyarakat juga kita ajak untuk membudayakan hidup bersih di lingkungan masing-masing terutama di masjid dan mushola, lewat lomba Masjid Bersih dan Kampung Bersih yang menjadi salah satu rangkaian Kampung Ramadaan,” beber Walikota.

“Program ini selain bertujuan untuk menyemarakkan bulan Ramadan sekaligus untuk kembali membangun budaya gotong royong diantara masyarakat perkotaan yang cenderung individualis dan apatis.” imbuhnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu melahirkan generasi Qurani yang tidak hanya bisa membaca Al Quran tapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena inikan sebenarnya program lanjutan dari program Magrib Mengaji, kita nanti juga akan gelar Lomba Tahfidz Quran tapi juz 30 aja, sasarannya anak-anak,” terangnya.

Walikota juga menambahkan program Kampung Ramadan tersebut selain bertujuan untuk mensyiarkan nilai-nilai islam sekaligus juga menjadi ajang promosi bagi produk-produk UKM lokal dari Kecamatan dan Kelurahan. Karena di Kampung Ramadhan juga akan digelar Bazar Ramadhan selain berisi Bazar Sembako Murah juga jajanan khas di masing-masing wilayah.

“Ini juga bisa mendorong pertumbuhan perekonomian di Kota Tangerang selama bulan Ramadan, terutama masyarakat kecil. Selain tentunya sebagai bentuk intervensi terhadap harga kebutuhan pokok yang biasanya melonjak selama Ramadan dan Idul Fitri,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kampung Ramadan berisi berbagai lomba tingkat RT/RW se-Kota Tangerang, antara lain Lomba Gerbang RT/RW, Lomba Masjid Bersih, Lomba Kampung Bersih, Cerdas Cermat, Lomba Tahfidz Quran serta Bazar Ramadhan di 13 Kecamatan di Kota Tangerang. (rls)

Komentar Anda

comments