Asiik, Tarif Kereta Api Ekonomi Turun

oleh -
Kereta api ekonomi. (bbs)
Kereta api ekonomi. (bbs)
Kereta api ekonomi. (bbs)

Jakarta, PalapaNews.com – Tarif kereta api bakal turun per 1 Juli 2016 nanti. Hanya saja, penurunan tarif ini diberlakukan khusus untuk kelas ekonomi antarkota. Sedangkan tarif kereta perkotaan jarak dekat, tetap.

“Penurunan tarif berlaku untuk kereta api kelas ekonomi jarak jauh maupun sedang,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hemi Pamuraharjo seperti dikutip jawapos.com.

Untuk KA jarak jauh, tarifnya turun Rp2.000 per penumpang. Sedangkan untuk KA jarak sedang, tarif turun Rp1.000 per penumpang.

Penurunan tarif tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk PSO (public service obligation). Peraturan itu otomatis menggantikan Permenhub 23 Tahun 2016.

”Kebijakan ini merupakan penyesuaian dari penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 1 April 2016,” kata Hemi mengungkapkan.

Contohnya, KA jarak jauh seperti Matarmaja jurusan Surabaya Gubeng–Pasar Senen. Penumpang sekarang cukup membayar Rp109 ribu. Tarif itu turun dari sebelumnya Rp111 ribu. Lalu, tarif KA Brantas jurusan Kediri–Pasar Senen yang awalnya Rp86 ribu turun menjadi Rp84 ribu.

Untuk KA jarak sedang seperti KA Tegal Ekspres jurusan Pasar Senen–Tegal, tiap penumpang bisa membayar Rp49 ribu dari sebelumnya Rp50 ribu. Lainnya, seperti KA Siantar Ekspres jurusan Medan–Siantar, tarifnya turun menjadi Rp 22 ribu dari sebelumnya Rp23 ribu.

Berbeda dengan tarif KA ekonomi antarkota, tarif KA perkotaan baik kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek maupun di kota-kota lainnya tidak mengalami penyesuaian atau tetap. Begitu juga dengan kelas eksekutif. (one)

Komentar Anda

comments