Cegah Konflik selama Ramadhan, Kominda Tangerang Diminta Aktif

oleh -
Rakor Pemkot Tangerang jelang Ramadhan. (ist)
Rakor Pemkot Tangerang jelang Ramadhan. (ist)
Rakor Pemkot Tangerang jelang Ramadhan. (ist)

Tangerang, PalapaNews.com – Pemkot Tangerang menggelar Rapat Peningkatan Kerjasama Aparat dalam Pencegahan Tindak Kejahatan menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1437 H/2016 M, Kamis (2/6/2016). Rapat ini membahas antisipasi kejahatan selama bulan Ramadhan.

Wakil Walikota Sachrudin yang memimpin rapat tersebut meminta kepada para peserta rapat yang berasal dari berbagai institusi yang tergabung dalam Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) untuk terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak guna menjaga kekhusuan umat Islam selama menjalankannya ibadah puasa di bulan Ramadhan.

“Sedini mungkin kita harus bisa mencegah potensi bahaya yang mengganggu kekhusuan umat. Dan jangan anggap remeh setiap persoalan,” Bebernya.

Ditambahkannya pihak Pemkot juga telah mengeluarkan Surat Edaran terkait Pembatasan Jam Operasional Tempat Makan dan Penutupan Sementara Jasa Hiburan Umum pada bulan Suci Ramadhan.

Guna mengantisipasi kerawanan sosial, pihaknya juga telah menyosialisasikan potensi kerawanan yang muncul selama Ramadhan kepada masyarakat seperti bahaya petasan, balapan liar, sweeping ormas, miras, unjuk rasa buruh terkait pembagian THR, serta bahaya kebakaran, perampokan ATM dan mini market.

“Kita juga telah ingatkan masyarakat untuk tidak melakukan sweeping atau main hakim sendiri terhadap rumah makan atau tempat hiburan, selain juga menghimbau kepada para pengusaha untuk membayarkan THR secara tepat waktu untuk mencegah adanya demo dari para buruh. Pemkot juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan semua unsur guna meminimalisir balapan liar dan kebakaran yang sering terjadi akibat kelalaian masyarakat,” Bebernya.

“Termasuk pengamanan saat lebaran, dimana masyarakat banyak yang mudik. Makanya diperlukan pengamanan ekstra khusus baik di kantor-kantor swasta maupun pemerintah terutama saat musim mudik,” Imbuhnya.

Selain itu, Wakil juga menginstruksikan kepada semua jajaran Pemkot Tangerang untuk terus hadir ditengah masyarakat meskipun ditengah kondisi puasa.

“Pemerintah harus selalu ada di tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun,” Tegasnya.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Kepolisian Metro Tangerang Kota, Kombes Pol. Irman Sugema, dan perwakilan unsur TNI, unsur Kejaksaan dan juga perwakilan organisasi kemasyarakatan (Ormas). (rls)

Komentar Anda

comments