Naik Pangkat, 300 Guru Diberi Bimbingan

oleh -
Penguatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Tangsel. (man)
Penguatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Tangsel. (man)
Penguatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Tangsel. (man)

Tangsel, PalapaNews.com – Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan kegiatan Penguatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Jenjang TK/SD sebagai salah satu penunjang karir bagi para guru PNS.

Sebanyak 300 guru PNS hadir dan memenuhi Gedung Sentra di Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangsel, Rabu (1/6).

Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Tangsel, Didi Sutisna mengatakan kegiatan PKB tahunan yang rutin digelar ini sebagai bimbingan untuk para guru PNS di Tangsel untuk menunjang karirnya di tahun 2017 mendatang.

“Nilai dari kegiatan PKB tersebut nantinya bisa diusulkan sebagai angka kredit guru untuk kenaikan pangkat yang dalam bahasa lainnya atau naik golongan,” ujarnya.

Didi juga menuturkan ada unsur utama yang harus dipersiapkan oleh para guru, diantaranya adalah diklat fungsional, kualifikasi akademik dan lainnya.

“Jadi kalau mau mendapatkan nilai bagus untuk naik pangkat, ya harus aktif dan cakap,” paparnya.

Senada dikatakan Kasi Evaluasi Kinerja Bidang PTK Dinas Pendidikan Tangsel, Hasim. Menurutnya, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kenaikan golongan bagi para guru PNS.

Hasim menyontohkan, dalam kelompoknya guru tersebut harus secara aktif dan cakap dalam memberikan pengajaran di dalam kelas kepada siswa-siswanya.

“Sehingga perencanaan, strategi, pendekatan, publikasi ilmiah dan karya inofatif serta jurnal yang sesuai dengan kecakapan dan nilai kredit yang tinggi diharapkan mampu membantu guru dalam melanjutkan karirnya ke jenjang yang lebih tinggi,” jelasnya.

Salah satu guru PNS Golongan 4a, Titra Tri Sabdani mengaku pemberian bimbingan tahunan ini sangat memberikan manfaat bagi dirnya.

“Guru yang mau naik pangkat ya harus mengikuti langkah-langkah yang sudah menjadi acuan. Seperti saya yang harus mempersiapkan makalah, karya tulis yang nantinya akan dinilai untuk kenaikan golongan,” pungkasnya. (man)

Komentar Anda

comments