Kota Tangerang Butuh Tambahan 5508 PNS

oleh -
PNS Kota Tangerang saat apel pagi. (dok)
PNS Kota Tangerang saat apel pagi. (dok)
PNS Kota Tangerang saat apel pagi. (dok)

Tangerang, PalapaNews.com – Kota Tangerang masih kekurangan ribuan pegawai negeri sipil (PNS). Bahkan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat telah mengajukan 5.508 calon PNS (CPNS) ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sejak 2015 lalu.

Dari 5.508 yang diajukan sebanyak 3.214 CPNS dibutuhkan sebagai tenaga pengajar, 937 tenaga kesehatan dan 1.357 untuk fungsional umum.

“Pengajuan yang dilakukan kami harapkan dapat memenuhi kuota CPNS hingga 2019 mendatang,” kata Kasubid Pengadaan dan Forrmasi Kota Tangerang Aceng Rouf.

Saat ini, menurutnya tercatat sebanyak 10.133 PNS Kota Tangerang. Namun angka tersebut dinilai belum ideal. Jika dilihat dari analisa beban kerja, PNS Kota Tangerang masih kurang sekitar 5.000-an PNS.

”Di 2016 ini belum ada CPNS yang masuk dari jalur umum. Hanya dari sekolah yang berikatan dinas saja, seperti STAN dan IPDN. Itupun hanya sedikit, tidak sebanding dengan yang pensiun dan pindah kerja tahun ini,” ujar Aceng.

Meski Kota Tangerang mengajukan 5.508 CPNS ke Kemenpan RB, namun diakuinya bukan berarti akan disetujui seluruhnya. Terakhir, pengajuan CPNS di Kota Tangerang adalah 2014 lalu.

Kata dia, dari 5.000-an formasi yang diajukan, hanya 157 yang diterima oleh kementerian. Angka tersebut dinilai terlalu jauh dari angka ideal.

”Sebenarnya kalau dihitung lagi mungkin amsih ada penambahan, sebab data ini terus berubah setiap harinya,” tambah Aceng. (eni)

Komentar Anda

comments