PMI Pandeglang Kumpulkan 50 Kantong Darah di Tangerang

oleh -
Kegiatan donor darah PMI Pandeglang di ICE BSD. (bung)
Kegiatan donor darah PMI Pandeglang di ICE BSD. (bung)
Kegiatan donor darah PMI Pandeglang di ICE BSD. (bung)

Tangerang, PalapaNews.com – Untuk melengkapi kegiatan pameran, Debindo selaku peyelenggara Indobuildtech Expo 2016 bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang mengadakan donor darah untuk pengunjung, peserta pameran dan masyarakat yang berlangsung di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City pada hari Sabtu, 28 Mei 2016.

“Darah manusia menjadi kebutuhan yang setiap hari harus dipenuhi oleh beberapa rumah sakit di setiap daerah. Kebutuhan darah yang cukup besar, terkadang tidak bisa dipenuhi oleh PMI pada waktu tertentu,” kata Ade Nurohman, selaku staf Administrasi PMI Kabupaten Pandeglang di sela-sela kegiatan donor darah.

Tidak terpenuhinya kebutuhan darah, menurut Ade disebabkan karena jumlah pasien atau orang yang membutuhkan darah tidak sebanding dengan jumlah donor darah yang ada.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 10.00-14.00 WIB tersebut, PMI Kabupaten Pandeglang berhasil mengumpulkan 50 kantong darah. Jumlah ini sesuai dengan yang ditargetkan penyelenggara.

Perlu diketahui ada beberapa syarat dalam melakukan donor darah. Antara lain, pria atau wanita dewasa, sehat jasmani dan rohani menurut pemeriksaan dokter. PMI atau rumah sakit sebelum, umur donor 17-60 tahun.

Berat badan minimal 45 kg, dapat menyumbangkan darahnya 350 ml, donor dengan berat badan 50 kg atau lebih dapat menyumbangkan darahnya 450 ml, denyut nadi 60 – 100 per menit, tergantung kondisi pendonor.

“Sebaiknya satu hari sebelum melakukan donor darah, pendonor harus cukup istirahat dan jangan begadang,” saran ade. (bung)

Komentar Anda

comments