Jelang Puasa; Stok Pangan Aman, Harga Belum Tentu

oleh -
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi. (bbs)

Tangerang, PalapaNews.com – Stok pangan jelang bulan suci Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri mendatang di Kota Tangerang dipastikan aman. Ini berdasarkan survei di pasar yang ada di kota Akhlakul Karimah itu.

“Kita sudah lakukan survei. Stok beras, cabai, minyak hingga bawang merah sudah tersedia dan aman. Pasokan juga terbilang cukup dan stabil,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangerang, Iis Aisyah Rodiyah.

Meski demikian, Iis mengaku pihaknya tidak bisa memastikan amannya stok barang berimbas terhadap stabilnya harga. Pasalnya, kenaikan harga pokok sudah lumrah dan selalu terjadi setiap tahunnya.

”Kami sudah survei dengan Bulog. Dan dipastikan aman. Yang perlu dikhawatirkan justru kenaikan harga,” ujarnya.

Untuk menekan kenaikan harga, pihaknya bekerja sama dengan Bulog akan meggelar bazar bahan pokok secara murah. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat menengah ke bawah bisa merasakan manfaat dari bazar tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Tangerang Sayuti mengatakan, kenaikan harga sembako masih dalam batas normal. Apalagi menjelang bulan puasa yang kurang dari tiga minggu lagi.

Meski begitu, pihaknya akan terus memantau harga dalam beberapa hari ke depan. “Kita belum mengambil kebijakan apapun. Masih melihat harga di pasaran. Sekarang masih dalam batas normal,” ujarnya.

Mengenai bakal ada operasi pasar, Sayuti mengaku belum ke arah sana. Operasi pasar baru akan dilakukan bila harganya sudah benar-benar melonjak. (eni)

Komentar Anda

comments