Jambore UKS Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

oleh -
Suasana Lomba Cerdas Cermat pada Jambore UKS yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel. (one)
Suasana Lomba Cerdas Cermat pada Jambore UKS yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel. (one)
Suasana Lomba Cerdas Cermat pada Jambore UKS yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel. (one)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan menggelar Jambore Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kota Tangsel di Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat Timur. Kegiatan ini melibatkan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sebanyak 49 pelajar turut serta dalam Jambore UKS. Mereka ikut dalam beragam lomba, seperti Lomba Dokter Kecil Perorangan 7 orang, Lomba Telling Story tingkat SD 7 orang, Lomba Poster tingkat SMA 7 orang, Lomba KKR tingkat SMP 7 orang dan Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil 21 orang.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus dimulai sejak dini. Kata dia, kader UKS ini nantinya yang akan menjadi agen di sekolah masing-masing, khususnya untuk menerapkan PHBS kepada warga sekolah.

“Kegiatan Jambore UKS ini diselenggarakan sebagai upaya menumbuhkan dan menanamkan bidang kesehatan sejak dini. Ini Sesuai dengan arahan Ibu Walikota (Airin Rachmi Diany)” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno dalam sambutannya.

Menurutnya, UKS harus terus ditingkatkan agar dapat menbentuk sekolah yang sehat dan pelajar yang berkualitas. Dengan belajar kesehatan dan pembinaan kesehatan sejak dini maka mendorong anak didik untuk mengikuti proses belajar dan mengajar dengan baik.

“Harapannya, melalui kegiatan ini dapat terbangun karakter anak yang berkualitas dan berakhlak mulia serta mendorong tumbuh kembang anak sehat dan berprestasi. Anak-anak sejak dini dilibatkan untuk memberikan kontribusi positif dalam pembangunan kesehatan,” katanya.

Menurutnya, Jambore UKS juga untuk mencari bibit bakal calon pemerhati kesehatan, menyiapkan kader kesehatan dari seluruh tingkatan sekolah, meningkatkan potensi peran dokter kecil dan KKR, serta pengetahuan dan ketrampilan, tentang kesehatan di sekolah. Ini selaras dengan tujuan UKS, yakni meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Bagi pemenang lomba di tingkat Kota Tangsel, nantinya mereka akan dikirimkan ke Jambore UKS tingkat Provinsi Banten. Harapannya, yang terbaik lah yang akan mewakili Kota Tangsel nantinya,” terangnya.

Kepala Bidang Promosi dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati menambahkan kalangan sekolah agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di masing-masing sekolah guna meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak didik.

“Jambore UKS ini dapat membina anak didik supaya hidup sehat. Sehingga mereka dapat dengan mudah menimba ilmu,” terangnya.

Menurutnya, ajang ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi anak didik di bidang kesehatan, dan juga sebagai pendorong untuk terus meningkatkan kehidupan yang lebih baik di bidang kesehatan. “Sejak dini kita ajari untuk menjaga kebersihan dan prilaki hidup bersih dan sehat (PHBS),” ucapnya.

Kata dia, kegiatan ini untuk menyiapkan kader kesehatan dari seluruh tingkatan sekolah dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan tentang kesehatan di sekolah, karena kesehatan sangatlah penting untuk sehat bisa dimulai dengan pola hidup yang sehat pula. “Saya harap kader UKS untuk lebih kreatif. Bahkan bisa juga sebagai evaluasi untuk mengubah pola hidup menjadi sehat,” terannya. (adv)

Komentar Anda

comments