Sekolah Tangsel & Jepang Tukar Informasi Lewat Teleconference

oleh -
Suasana teleconference murid SD Hikari dan sekolah di Jepang. (ata)
Suasana teleconference murid SD Hikari dan sekolah di Jepang. (ata)
Suasana teleconference murid SD Hikari dan sekolah di Jepang. (ata)

Tangsel, PalapaNews.com – Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi atau ICT semakin canggih. Inilah yang dimanfaatkan salah satu sekolah di Tangerang Selatan (Tangsel) dan di Jepang untuk saling tukar informasi, melalui teleconference.

Sekolah Hikari di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu dan University of Toyoma Attached Elementary School di Jepang, khususnya murid kelas 5 saling bertukar informasi mengenai daerah masing-masing lewat media skype.

“Kegiatan yang dijalin ini mengajarkan kepada anak-anak bahwa komunikasi bisa melalui apa saja,” kata Ketua Yayasan Semarak selaku pengelola Sekolah Hikari, Fadilah Hasim.

Kata dia, kegiatan ini juga untuk menjalin dan menyambung tali silaturahmi dengan anak-anak sebaya di belahan bumi lain. Artinya mereka bisa saling mengenal dengan Negara lain tanpa harus berkunjung ke negara tersebut.

“Harapannya mereka bisa saling tukar informasi khususnya berkaitan lingkungan dari berbagai sudut pandang. Dengan kegiatan ini kita berharap mereka bisa memiliki banyak ide dan menambah pengetahuannya,” tandasnya.

Menurut Chairman of IEPF Japan, Yasunobu Kuboki, banyak cara pembelajaran yang bisa dilakukan oleh siswa, salah satunya melalui perkembangan ICT ini.

“Kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengetahui kemajuan atau kegiatan di sekolah Negara Jepang. Siswa bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mempelajari Negara lain, namun tetap berada di Indonesia,” terang Yasu.

Dengan pertukaran informasi ini mereka bisa saling mengenal dan mengetahui tentang Negara lain. Ini bisa dijadikan sebuah pengalaman dan mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi mereka dikemudian hari. (ata)

Komentar Anda

comments