Jokowi perintahkan menterinya garap e-commerce

oleh -
Presiden Jokowi saat membuka Indonesia e-Commerce Summit & Expo (IESE) di ICE BSD. ()
Presiden Jokowi saat membuka Indonesia e-Commerce Summit & Expo (IESE) di ICE BSD. (one)
Presiden Jokowi saat membuka Indonesia e-Commerce Summit & Expo (IESE) di ICE BSD. (one)

Tangerang, PalapaNews.com – Pemerintah mulai fokus mengembangkan sektor bisnis online atau e-commerce. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan menteri-menterinya membuat anggaran besar untuk pengembangan bisnis itu.

“Kita harus menyamai kemajuan teknologi internet negara-negara tetangga,” kata Jokowi saat membuka acara Indonesia  E-Commerce Summit & Expo (IESE) di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Rabu (27/4/2016).

Kata dia, Thailand yang tengah mengembangkan sektor serupa sudah menganggarkan Rp7 triliun untuk menyaipkan teknologinya. Mulai dari percobaan pembuatan aplikasi baru, sampai kepada aplikasi itu mampu dimanfaatkan masyarakat.

“Kita harus kembangkan juga. Kalau perlu siapkan anggaran yang sama, atau lebih besar untuk mengembangkan teknologinya,” Jokowi menambahkan.

Dia memastikan, bila saja Indonesia tidak berani melakukan hal tersebut, dia memastikan kalau keberadaan e-commerce ataupun penunjang teknologi berbasis online, akan tertinggal jauh. Untuk itu, pemerintah menurutnya haruslah siap memberikan dorongan baik secara finansial berupa pinjaman hingga skillnya.

“Dunia kompetisi memang kejam, tapi kita harus berani menghadapinya. Maka itu, carikan pemuda yang bisa bekerjasama dan bekerja keras, penuh inovasi dan berani melangkah,” tutur Jokowi.

Dengan cara seperti ini, para pelaku usaha di Indonesia dijamin bisa melangkah ke level yang lebih atas. Sebab mau tidak mau dunia berputar begitu cepatnya, termasuk teknologi yang melaju semakin pesat. Jangan sampai Indonesia berada jauh di bawah negara tetangga. (one)

Komentar Anda

comments