TV Kampus Jangan Dipandang Sebelah Mata

oleh -
Tim UMN TV dan dosen Ilmu Komunikasi UMN meniup lilin sebagai selebrasi ulang tahun UMN TV yang pertama. (ist)
Tim UMN TV dan dosen Ilmu Komunikasi UMN meniup lilin  sebagai selebrasi ulang tahun UMN TV yang pertama. (ist)
Tim UMN TV dan dosen Ilmu Komunikasi UMN meniup lilin sebagai selebrasi ulang tahun UMN TV yang pertama. (ist)

Tangerang, PalapaNews.com – Mahasiswa dengan segala kedinamisan dan kreativitasannya membutuhkan sebuah wadah guna menyalurkan aspirasi mereka. Tak heran kemudian banyak lahir media-media kampus.

Salah satunya adalah televisi kampus, yang keberadaannya pun kini tak bisa dipandang sebelah mata. Televisi kampus yang tergolong ke dalam TV komunitas dianggap memiliki keuntungan yang besar.

Selama TV Komunitas belum memiliki regulasi yang jelas, mereka masih memiliki kebebasan untuk berkarya dan berekspresi yang sebesar-besarnya. Tak hanya itu, keuntungan lain yang dimiliki TV Kampus dan TV-TV komunitas lainnya adalah cakupan siarannya yang lebih luas. Mengapa? Sebab rata-rata TV komunitas menyiarkan programnya melalui streaming.

Demikian diungkapkan Prof Henri Subiakto selaku Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa dalam acara ulang tahun pertama UMN TV bertajuk TelevisionAir: “Peran TV Kampus dalam Demokratisasi Penyiaran”. Acara berlangsung di kampus UMN Gading Serpong  pada Jumat 1  April 2016, lalu.

Bayu Wardhana, Pengurus Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) bidang penyiaran menyatakan mendukung penuh keberadaan TV Kampus. Katanya, AJI memiliki harapan nantinya TV-TV komunitas bisa bersatu membentuk aliansi sendiri. “Pihak AJI sendiri sangat mendukung keberadaan TV-TV Komunitas yang memberikan keragaman dalam dunia penyiaran di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Felysia Agustin, Ketua Panitia TelevisionAir berharap, Acara ini dapat membangun relasi di antara tv kampus lainnya, dan berharap pihak Pemerintah tahu jika TV Kampus terutama UMN TV memang eksis dan serius dalam menjalankan fungsinya sebagai TV komunitas.

Acara TelevisionAir yang berlangsung di Function Hall UMN, Serpong ini tak hanya diisi oleh pembicara-pembica yang kompeten di bidangnya, tetapi juga ada sharing mengenai TV kampus dari berbagai perguruan tinggi lainnya, seperti Five TV, TV UI, Budi Luhur TV, DNK TV, Sigma TV dan PNJ TV. (bd)

Komentar Anda

comments