LPJ DD 2015 Telat, Inspektorat Periksa BPMPPD

oleh -
Laporan keuangan. (bbs)
Laporan keuangan. (bbs)
Laporan keuangan. (bbs)

Tangerang, PalapaNews — Insektorat Kabupaten Tangerang bakal memeriksa Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Pemerintah Desa (BPMPPD) setempat. Pemeriksaan dilakukan untuk mengorek penyebab keterlambatan penyerahan Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa (LPJ DD) 2015.

“Kalau kita kan nunggu langkah-langkah administratif dari BPMPPD, kan diverifikasi di sana (BPMPPD) laporannya, kita di reguler nanti, dipemeriksaan kita itu menyeluruh nanti. Kita kan ada waktu-waktu pemeriksaan” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang, Dedi Sutardi.

Dedi juga menegaskan bahwa verifikasi LPJ DD 2015 dilaksanakan oleh BPMPPD, sedangkan Inspektorat memeriksa tanggungjawab dari BPMPPD itu sendiri.

“Kalau verifikasi itu dari mereka, kalau Inspektorat memerika tanggungjawab dari badannya (BPMPPD)” ujar Dedi.

Dedi juga mengaku tidak ingat tanggal yang telah dijadwalkan untuk memeriksa BPMPPD. Namun, ia memastikan sudah menetapkan jadwal pemeriksaan. Bahkan, kata Dedi, semua SKPD di lingkungan Kabupaten Tangerang juga akan diperiksa.

“Sesuai dengan jadwal kita nanti, sudah ditetapkan jadwalnya, aduh saya lupa (jadwalnya) karena se-(Kabupaten) Tangerang itu semua SKPD juga diperiksa terhadap tanggungjawab kinerjanya masing-masing,” kata Dedi.

Dedi lalu mengungkapkan, pada pemeriksaan itu diharapkan akan diketahui identifikasi permasalahannya. Sehingga, kata Dedi, pihaknya bisa membuat rekomendasi yang tepat guna.

“Ya artinya kalau ada keterlambatan laporan, setelah kita pelajari kita teliti, misalnya ada ketidakmampuan, kelemahan-kelemahan di desa untuk mengadminitrasikan dana desa, berarti nanti rekomendasinya agar kemampuan petugas di desanya ditingkatkan, selama itu tidak menyangkut penyalahgunaan anggarannya,” tandas Dedi. (feb)

Komentar Anda

comments