Kejagung Ekstradisi Buronan Kasus Penipuan ke Amerika

oleh -
LYN didampingi perwakilan Kejagung saat proses ekstradisinya ke Amerika. (feb)
LYN didampingi perwakilan Kejagung saat proses ekstradisinya ke Amerika. (feb)
LYN didampingi perwakilan Kejagung saat proses ekstradisinya ke Amerika. (feb)

Jakarta, PalapaNews — Warga Negara Asing (WNA) asal Singapura berinsial LYN buronan polisi Amerika Serikat, diekstradisi Kejaksaan Agung ( Kejagung ) atas nama Pemerintah Indonesia ke Amerika Serikat, Kamis (31/3/2016).

Sebelumnya, LYN ditangkap Kepolisian Negara Republik Indonesia di daerah Batam, Kepulauan Riau. Hampir 1,6 bulan LYN mendekam di sel tahanan Polisi di Batam. Penangkapan dan penahanan LYN oleh Kepolisian Indonesia atas permintaan Interpol.

Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri, Chaerul Amir mengatakan meskipun antara Indonesia dan Amerika tidak memiliki perjanjian ektradisi, hal ini dilakukan karena ada hubungan baik dan timbal balik kedua Negara. Apalagi Negara Amerika Serikat pernah mengekstradsi tersangka kasus BLBI, Sherly Konjongian.

Ekstradisi LYN, menurutnya berdasarkan keputusan Presiden RI nomor 3 tahun 2016 yang dikeluarkan tanggal 1 Februari 2016 tentang persetujuan permohonan Ektradisi atas nama LYN.

LYN sendiri di negeri “Paman Sam” menjadi tersangka kejahatan penipuan, penyelundupan, ekspor ilegal, perencanaan kejahatan dan keterangan palsu kepada penegak hukum.

“Ekstradisi terhadap LYN dari Pemerintah Indonesia melalui Kejaksaan Agung RI kepada perwakilan kedutaan besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Bandara Soeta selajutnya diterbangkan ke Amerika,” ujar mantan Kajari Tangerang ini. (feb)

Komentar Anda

comments