Tak Lagi Konvensional, Surat Menyurat di Tangsel Gunakan Sistem Elektronik

oleh -
Walikota Tangsel menjajal aplikasi Sisumaker. (ist)
banner 300250
Walikota Tangsel menjajal aplikasi Sisumaker. (ist)
Walikota Tangsel menjajal aplikasi Sisumaker. (ist)

Tangsel, PalapaNews — Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) meluncurkan Sistem Informasi Surat Masuk Keluar (sisumaker) di Balaikota, Rabu (16/3/2016). Kini, surat menyurat di kota itu menggunakan sistem elektronik.

Usai peluncuran, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan kini hampir seluruh pekerjaan melibatkan teknologi. Sisumaker adalah salah satu sistem surat menyurat dengan menggunakan teknologi elektronik yang dipergunakan Pemkot Tangsel.

“Dengan sistem ini, tidak ada lagi surat menyurat yang menggunakan kertas atau manual. Karena semua surat masuk dan surat keluar yang berkaitan dengan kedinasan sudah menggunakan sisumaker secara elektronik,” kata Airin.

Ia juga meminta Dishubkominfo Kota Tangsel untuk melakukan monitoring terhadap aplikasi Sisumaker dan melaporkan perkembangan dari penerapan Sisumaker tersebut langsung kepadanya. Pointnya, katanya lagi, Sisumaker aman dan jangan takut menggunakannya.

“Mari kita budayakan untuk berinovasi. Saya mengucapkan terima kasih kepada SKPD yang telah berupaya untuk melakukan inovasi dan memenfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efetif dalam pekerjaan. Saya ingin Tangsel menjadi kota yang dikenal dengan inovasi, terobosan dan kreativitas,
khususnya yang terkait dengan teknologi,” ungkap Airin.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Sukanta mengatakan, Sisumaker ini sudah disetujui Walikota Tangsel dan penggunaanya sudah diatur melalui Peraturan Walikota (Perwal). Bagi para kepala SKPD, sekdis, kabid, camat sudah dilatih untuk menggunakan alpikasi ini.

“Semestinya para kepala SKPD tidak dapat menggunakan Sisumaker ini dan sudah mulai menggunakan aplikasi ini untuk sistem surat menyurat. Namun nantinya akan ada pelatihan lagi, sehingga seluruh pegawai pun mampu menggunakan aplikasi ini,” jelas Sukanta. (rls/fit)

Komentar Anda

comments