Dishubkominfo Tangsel Bakal Pasang CCTV di Tiga Simpang Jalan

oleh -
Forum SKPD yang digelar Dishubkominfo Kota Tangsel. (man)
banner 300250
Forum SKPD yang digelar Dishubkominfo Kota Tangsel. (man)
Forum SKPD yang digelar Dishubkominfo Kota Tangsel. (man)

Tangsel, PalapaNews — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal membenahi infrastruktur angkutan untuk mengurai macet. Salah satunya, melalui pemasangan kamera Closed Circuit Television (CCTV) di tiga titik.

“Dalam rangka menjaga keamanan, kami akan memasang tiga CCTV di tahun ini. Pembangunan sarana ini bertujuan untuk, memudahkan manajemen rekayasa lalu lintas. Karena, pergerakan kendaraan bisa dipantau selama 24 jam,” ujar Kepala Dishubkominfo Tangsel, Sukanta usai Forum SKPD di Serpong, Rabu (16/3/2016).

CCTV itu, menurut Sukanta dibutuhkan untuk menjaga persimpangan jalan. Di Tangsel, ada sekitar 19 persimpangan yang memerlukan CCTV dan pihaknya menganggarkan tiga dengan lokasi yang masih dalam tahap pengkajian.

“Tiga alat perekam gambar ini akan dikomando dari dua tempat. Dalam hal ini, gambar dari tiga titik bisa dilihat dari dua lokasi atau lokasi kontrolnya yakni di kantor dishub dan di kantor walikota,” katanya.

Jenis CCTV-nya, akan menggunakan yang bulat atau, yang mampu menjangka area 360 derajat di sekelilingnya. Ini ditujukan agar, alat ini bisa merekam seluruh kejadian di area itu. Untuk membangun sarana ini, Dishubkominfo menyediakan dana kurang lebih Rp3,2 Miliar dengan menggunakan fiber optic untuk jaringan pengirim gambarnya sampai kantor pengontrol.

Selain tiga CCTV yang akan dibuat tahun ini, Dishubkominfo juga berencana memantau seribu CCTV se-Tangsel. Sarana ini, bukan semuanya milik pemda. Namun CCTV punya swasta yang akan dikoneksikan dengan ruang kontrol pemda.

“Sekarang di perusahaan swasta kan sudah ada. Nanti kita dikoneksikan saja. Jadi, kita bisa memantau seluruh area di Tangsel melalui CCTV itu,” paparnya. (man)

Komentar Anda

comments