Atasi Banjir, Pemkot Tangsel Diminta Gandeng Konsultan Perkotaan

oleh -
Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Saleh Asnawi. (dok)
Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Saleh Asnawi. (dok)
Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Saleh Asnawi. (dok)

Tangsel, PalapaNews — Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Saleh Asnawi angkat bicara terkait masalah banjir yang terjadi di sejumlah titik di kota Cerdas, Modern dan Religius itu.

“Pemkot Tangsel harus menggandeng konsultan perkotaan terbaik untuk membuat kajian dan mengatasi masalah banjir. Sehingga benar-benar diketahui masalah banjir ini hingga ke akar-akarnya,” kata politisi Partai Hanura ini.

Kajian itu, menurutnya bisa berupa kajian soal pendangkalan beberapa sungai maupun anak sungai yang melintas di Tangsel, kajian tentang seberapa kuat sungai tersebut menampung volume air sehingga tidak banjir. Juga kajian tentang bentuk drinase ideal untuk Tangsel yang memiliki geografis sempit.

“Kita lihat banjir di BPI (Bukit Pamulang Indah), di sana memang ada tandon, tetapi masih banjir. Artinya hanya langkah spontanitas saja yang diambil tetapi bencananya tetap terjadi. Nah ini maksud saya kita harus kaji lebih serius dan lebih menyeluruh, kajiannya juga harus melibatkan tim-tim ahli,” ujarnya.

Jika pun nantinya harus mengeluarkan biaya yang besar, DPRD diakuinya siap mendukung jika untuk kemaslahatan masyarakat Tangsel. Terlebih, hal itu tidak akan menjadi masalah lantaran kekuatan angggaran Tangsel sanggup mengakomidasinya.

“Untuk lakukan kajian dan melibatkan tim profesional itu memerlukan biaya, tetapi angsel memiliki anggaran yang besar dan cukup untuk itu. Yang terpenting dari hasil kajian itu maka dampaknya tidak ada lagi bencana tahunan di Tangsel, yang justru akibat bencana tahunan ini banyak anggaran yang tidak jelas,” tuturnya. (jok)

Komentar Anda

comments