Pemanfaatan Nuklir, Pemkot Tangsel MoU dengan BATAN

oleh -
Walikota Tangsel dan Kepala BATAN memegang draf MoU pemanfaatan nuklir yang disepakati. (man)
Walikota Tangsel dan Kepala BATAN memegang draf MoU pemanfaatan nuklir yang disepakati. (man)
Walikota Tangsel dan Kepala BATAN memegang draf MoU pemanfaatan nuklir yang disepakati. (man)

PalapaNews- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam hal pemanfaatan tenaga nuklir di bidang kesehatan, kebersihan, pertanian dan lainnya.

Penandatanganan yang dilakukan oleh Walikota Airin Rachmi Diany dengan Kepala BATAN Djarot Sulistyo Wisnubroto digelar di Gedung 71 BATAN Puspiptek, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Rabu, (10/2/2016).

Kepala BATAN Djarot Sulistyo Wisnubroto mengatakan, banyak masyarakat yang merasa takut dan ngeri terhadap nuklir. Bahkan dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) cukup menyita perhatian masyarakat.

MoU yang dilakukan antara BATAN dengan Pemkot Tangsel ini adalah mengenai pemanfaatan nuklir bagi instansi pemerintah agar dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat diantaranya dalam bidang kesehatan digunakan untuk pengobatan kanker dan berbagai penyakit.

“Pada bidang pertanian, pihaknya sudah mengembangkan padi dengan varietas nuklir yang hasilnya cukup bagus, sehingga beras yang dihasilkan rasanya enak dan cepat panen. Kami juga punya pemanfaatan nuklir untuk penjantanan bibit ikan. Dengan begitu, ikan cepat berkembang biak,” terangnya.

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan kerjasama yang dilakukan ini diharapkan bukan hanya seremonial saja. Namun diimplementasikan pada kegiatan yang diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Dirinya berharap, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup Daerah segera mengimplementasikan pemanfaatan tenaga nuklir ini.

“Dinas pertanian diharapkan mampu mengembangkan padi yang dikembangkan dengan varietas nuklir, Dinas Koperasi dan UKM diharapkan menyiapkan kerjasama dalam bidang pengawetan makanan dan mampu memanfaatkan teknologi nuklir ini,” pungkasnya. (man)


Komentar Anda

comments