200 PSK Tangsel Diambil Sampel Darahnya

oleh -
Petugas Dinkes Kota Tangsel mengecek darah wanita pekerja seks. (ist)
Petugas Dinkes Kota Tangsel mengecek darah wanita pekerja seks. (ist)
Petugas Dinkes Kota Tangsel mengecek darah wanita pekerja seks. (ist)

PalapaNews- Sebanyak 200 Pekerja Seks Komersial (PSK) yang berada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diambil sampel darahnya. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular seksual dari para PSK.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Tangsel, Muhammad Alwan mengatakan pengambilan sample darah itu sebuah kegiatan rutin untuk mengetahui seberapa besar resiko dan tingkat penularannya di tujuh Kecamatan yang ada di Kota Tangsel.

“Dikarenakan Kota Tangsel tidak memiliki Lokalisasi maka kami mendapatkan informasi lokasi yang kami datangi dari Satpol PP, BNN serta LSM penggiat HIV AIDS,” ujarnya.

Setelah pengambilan sampel, kemudian dikirim ke Balitbang Kemenkes RI untuk diperiksa dan menunggu hasilnya sampai pekan depan. Hasil tersebut sangat rahasia karena tidak menampilkan nama pemilik sampel dan apabila sudah keluar maka hasilnya akan disampaikan kepada Kepala Dinas dan Walikota Tangsel.

“Jika dilihat dari tahun sebelumnya, Kota Tangsel masih dalam taraf aman dalam penyebaran HIV AIDS dan masih dibawah angka 3 persen,” ujar Alwan.

Kepala Bidang Protokoler, Ketertiban dan Hiburan pada Satpol PP Kota Tangsel, Oki Rudianto mengatakan bahwa pihaknya mengawal Dinas Kesehatan yang berjumlah 4 orang melakukan pengambilan sampel darah untuk dilakukan pemeriksaan terkait penyakit HIV AIDS ke tujuh Kecamatan di Tangsel.

“Di antaranya yaa seperti tempat yang terindikasi terdapat PSK, seperti Panti pijat dan tempat hiburan,” tukasnya. (man)


Komentar Anda

comments