Yuk, Saksikan Karya Kreatif Mahasiswa UMN

oleh -
Pameran karya seni di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). (bud)
Pameran karya seni di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). (bud)
Pameran karya seni di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). (bud)

PalapaNews- Beragam karya kreatifitas Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong Kabupaten Tangerang, Banten, bisa Anda nikmati pada Pameran “Nusakarya: Unity” mulai 22–24 Januari 2016 di 1st floor, West Side Mall @ Alam Sutera.

Berkarya dan berkreasi, ternyata tidak hanya bisa disalurkan lewat media foto semata. Inilah, yang kemudian menggerakkan mahasiswa Fakultas Seni dan Desain Visual (DKV) UMN untuk menggelar sebuah event pameran bersama di luar kampus, “Nusakarya: Unity”.

Dalam pameran ini, tidak hanya karya-karya terbaik dari fotografi saja yang dapat dinikmati tetapi juga karya lukisan, huruf, experimental art, film, animasi dan banyak lagi yang tersaji. “Semuanya menghembuskan sebuah napas yang sama, yaitu mengekspresikan ke-Nusantara-annya dalam bentuk kekinian,” ungkap Grace Natali, Public Relations Officer UMN di lokasi pameran, Jum’at (22/01/2016).

Menurut Zamzani Almakki, Pembina Galeri DKV UMN, Nusakarya merupakan kependekan dari Nusantara Berkarya. Nusa atau lengkapnya Nusantara diambil dari kata terakhir Universitas Multimedia Nusantara. Sedangkan Unity berarti kesatuan atau keutuhan, dimana karya mahasiswa yang dipamerkan walaupun memiliki perbedaan namun tetap memiliki kesatuan.

Lebih dari 70 karya terbaik mahasiswa yang sudah memalui penilaian dan dikurasi oleh dewan juri dipamerkan dalam ajang nusakarya ini. Karya-karya tersebut antara lain: foto, traditional painting, digital painting, ilustrasi, board game, kaligrafi, kolase, paper craft, animasi dan film. Nusakarya juga diharapkan bisa menjadi ajang bagi mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat dalam menghasilkan karya-karya terbaik.

“Selain itu, melalui pameran di luar kampus ini, kami juga mengharapkan mendapat aspirasi dan masukan dari masyaralat sehingga nantinya mahasiswa bisa berkarya lebih baik lagi,” tambah Zamzani yang juga Dosen DKV itu.

Mari kita tengok karya-karya apa saja yang dipamerkan para Mahasiswa-mahasiswi DKV UMN tersebut. Salah satu yang menarik perhatian adalah karya Regina Ghozali, Mahasiswi Program Studi DKV Jurusan Desain Grafis yang sudah menginjak semester ketujuh.

Dia menampilkan karya seni 3 dimensi yang terbilang unik dan masih langka di tanah air yang berjudul “Indonesia Land of the Dream”. Lewat kreasi dengan material triplek itu Regina ingin mengembalikan kebanggaan anak bangsa terhadap tanah air sendiri dengan potensi kekayaan pariwisatanya.

Hal itu tergambar dalam bentuk-bentuk gambar yang mirip ukiran yang melambangkan kekayaan budaya serta pariwisata di nusantara. Experimental art karya ke-15 Regina itu terinspirasi karya salah seorang seniman luar negeri. Untuk pengerjaan karya seni tersebut Regina membutuhkan waktu selama satu minggu dari mulai perencanaan hingga finising.

Karya unik lainnya adalah lukisan Potrait artis legendaris John Lennon yang dibuat pada tahun 2015 oleh Moindie. Pada umumnya lukisan dibuat dengan media cat minyak atau cat air, namun untuk karya lukisan yang satu ini memanfaatkan media ampas kopi yang berwarna coklat menampilkan wajah sang legenda yang mendunia.

Soal animasi, karya 8 mahasiswa UMN program DKV masing-masing; Raffael Arkapraba Gumelar, Vincent Sutra Barata, Eduardus Kent Sutanza, Robert Sunny, Gracia Novita, Cecilia Tedja, Kevin Christian Mulyadi, dan Angela Olivia tidak kalah menariknya.

Karya film animasi mereka yang berjudul Drenehead atau kehujanan patut mendapat acungan jempol. Selama 4 bulan lamanya mereka menghasilkan karya film animasi yang mampu bersaing di festival film animasi di luar negeri. Dan masih banyak karya lainnya yang tidak kalah inovatif dipamerkan di ajang Unity. (bud)

Komentar Anda

comments